Google

Memuat...

Jumat, 10 Juli 2009

Wajib Dilakukan Di Masa Hamil

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Memiliki buah hati merupakan suatu anugrah yang tak ternilai harganya. Begitu sang bunda diketahui sedang hamil, berbagai cara dilakukan untuk menjaga si kecil tetap sehat baik didalam kandungan sampai lahir di dunia.

Ada beberapa hal yang wajib dilakukan oleh sang bunda untuk menjaga kesehatan diri dan juga si kecil yang ada di dalam perut, seperti:

* Rajin memeriksa kandungan

Untuk bunda yang sedang mengandung diwajibkan untuk memeriksakan kandungannya paling lambat sejak 6-8 pekan usia kehamilan, atau saat menstruasi sudah terlambat 2 sampai 4 minggu. Jangan malas untuk memeriksakan kandungan ke dokter, ini dilakukan agar segala kelainan kandungan bisa terdeteksi sedini mungkin.

* Jaga Asupan Makanan

Salah satu hal yang juga harus mendapat perhatian ekstra sang bunda adalah dengan menjaga asupan makanan. Sejak mengandung, pola makan bunda pasti akan mengalami perubahan, karena sekarang yang makan bukan hanya bunda saja

melainkan ada si kecil yang ada di dalam perut. Untuk sang bunda dibutuhkan kalori tambahan sebanyak 250 kalori per hari. Buah dan sayur pun juga harus ditambah sebanyak 20 sampai 30 per hari untuk memperlancar percernaan dan menghindari susah buang besar atau sembelit.

* Rajin Olahraga

Memasuki masa kandungan “tua”, sang bunda akan mengalami kondisi cepat lelah. Tidak heran jika di masa tersebut sang bunda yang sedang mengandung, banyak yang berdiam diri di rumah. Jangan malasloh bunda. Justru di masa-masa tersebut, bunda harus rajin berolahraga seperti jalan kaki, berenang, senam pilates atau yoga, agar persalinan berjalan dengan lancar. Bukan hanya itu saja, olahraga juga membantu bunda mempercepat masa penyembuhan atau nifas.

* Cukup Istirahat

Untuk sang bunda yang sedang mengandung, diwajibkan tidur dengan cukup. Bagi bunda yang sedang sedang hamil muda, cobalah tidur dengan posisi menyamping dengan lutut ditekuk. Posisi seperti ini akan membuat tidur sang bunda akan terasa lebih nyaman karena janin tidak akan menekan pembuluh darah besar yang bertugas membawa darah kembali ke jantung. Akan lebih baik lagi jika posisi yang diambil sang bunda menyamping ke kiri, agar rahin tidak tertekan hati.

* Jaga Emosi

Bagi sang bunda yang mengandung, perubahan bukan hanya terlihat dari bentuk fisiknya saja tetapi juga batin atau emosi. Perubahan ini wajar dan semua sang bunda pasti mengalaminya, karena adanya aktivitas hormonal yang mempengaruhi stabilitas emosi yang menambah beban psikologis. Nah bunda, nikmati saja ya kehamilan ini.

* Suplementasi

Asupan nutrisi esensial seperti kalsium, zat besi, asam folat dan juga cairan sangat dibutuhkan oleh sang bunda dan bayi yang ada dalam kandungan. Mengkonsumsi panganan padat gizi menjaga kodisi bunda tetap sehat dan bayipun lahir dengan sempurna.


zonawanita.com

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar