Minggu, 02 Agustus 2009

Kandungan dan manfaat jambu biji

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.




Kandungan buah jambu biji (100 gr) - Kalori 49 kal - Vitamin A 25 SI - Vitamin B1 0,02 mg - Vitamin C 87 mg - Kalsium 14 mg - Hidrat Arang 12,2 gram - Fosfor 28 mg - Besi 1,1 mg - Protein 0,9 mg - Lemak 0,3 gram - Air 86 gram.


KHASIAT
1. Manfaat pectin dalam buah jambu adalah untuk menurunkan kolesterol yaitu dengan mengikat kolesterol dan asam empedu dalam tubuh dan membantu pengeluarannya.
2. Jambu biji juga mengandung tannin, yang menimbulkan rasa sepat pada buah tetapi juga berfungsi memperlancar sistem pencernaan, sirkulasi darah, dan berguna untuk menyerang virus.
3. Jambu biji mengandung kalium yang berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan dan sel tubuh serta menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).


4. Dalam jambu biji juga ditemukan likopen yaitu zat potensial lain selain serat. Likopen adalah karetenoid (pigmen penting dalam tanaman) yang terdapat dalam darah (0,5 mol per liter darah) serta memiliki aktivitas antioksidan. Konsumsi likopen yang meningkat, khususnya pada jambu biji yang daging buahnya berwarna merah, berbiji banyak dan berasa manis mempunyai efek memberikan perlindungan pada tubuh dari beberapa jenis kanker.
5. Jambu Biji merah dapat juga dipergunakan untuk penyembuh penyakit demam berdarah.
6. Dari hasil penelitian dengan mengkonsumsi jambu biji 0,5 - 1 kg /hari selama 4 minggu menurunkan resiko terkena penyakit jantung sebesar 16 %.


.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar