Google

Memuat...

Minggu, 05 Juli 2009

Gerakkan Kursi Roda dengan Kekuatan Pikiran

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.




Tokyo - Tak perlu lagi menggunakan kekuatan otot, pasien lumpuh kini bisa menggerakkan kursi roda dengan kekuatan pikiran.

Ini semua berkat teknologi yang dikembangkan Toyota Motor Corp bekerja sama dengan para ahli di Jepang. Teknologi ini mampu membaca gelombang otak pada manusia dengan waktu lebih cepat dibanding teknologi serupa yang pernah ada sebelumnya.

Dikutip detikINET dari ABCnews, Selasa (30/6/2009), teknologi ini hanya membutuhkan waktu sekitar 125 milisecond untuk membaca gelombang otak.

Bagaimana cara kerjanya? Caranya,

orang yang menggunakan kursi roda memakai topi untuk membaca sinyal otak, yang kemudian meneruskannya ke brain scan electroencephalograph atau EEG di kursi roda elektrik, kemudian dianalisa dalam sebuah program komputer.

Dengan teknologi ini orang bisa menggerakkan kursi roda ke kiri-kanan, atau ke depan secara cepat dengan kekuatan pikiran. Namun untuk berhenti, tidak cukup dengan kekuatan pikiran, tapi orang yang menggunakan kursi roda harus menggembungkan pipi yang dipasangi detektor.

Sementara itu, rival Toyota, Honda Motor Co juga sedang mengembangkan sistem yang dapat menghubungkan gelombang otak dengan gerakan mekanis.

Beberapa waktu lalu Honda memamerkan sebuah video yang menampilkan seseorang yang mengenakan helm dan kemudian berpikir sedang memindahkan tangan kanan. Beberapa detik kemudian sebuah robot memindahkan tangan kanannya, mengikuti instruksi pikiran si manusia. ( faw / fyk )


.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar