Google

Memuat...

Minggu, 07 Juni 2009

Proses Pembuatan Sertifikat Tanah

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Proses Pembuatan Sertifikat Tanah

Setelah berhasil mendapatkan informasi berharga dari seorang karabat yang bekerja di BPN Kota Tangerang. Untuk proses pembuatan sertifikat tanah, disarankan pemilik mengurus sendiri, dari segi biaya harusnya lebih murah, dari segi pengalaman mengurus sendiri tidak sesulit yang orang bicarakan.

Langkah-langkah yang disarankan adalah :

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan.
- Akta Jual Beli
- Foto copy KTP & Kartu Keluarga
- Semua dokumen yang berhubungan.
- Foto copy girik yang dipegang
- Dokumen tambahan dari kelurahan

2. Kunjungi BPN yang ditunjuk sesuai wilayah anda.

3. Di BPN,
- beli formulir pendaftaran nanti dapat map warnanya biru dan kuning.(uang ini masuk ke negara)
- minta tolong kepada petugas untuk memeriksa kelengkapan dokumen yang telah kita bawa.
- minta kepada petugas untuk mengukur objek tanah/rumah kita, janjian sama petugas ukur BPN.

4. Petugas ukur yang datang biasanya berjumlah 3-4 orang, sediakan dana +-Rp.500ribu untuk proses ini. (uang sukarela...mungkin...karena tidak masuk ke negara)

5. Biasanya dokumen yang kurang berada dikelurahan, oleh karena itu kita harus ke kelurahan.
Usahakan ke tempat ini hanya sekali, sehingga biaya yang dikeluarkan tidak berlebih. Untuk itu buat daftar dokumen yang akan diminta.
Masalah biaya hmmm...mungkin 500rb-1jt..tanya aja ke pak lurahnya biayanya...kalo brani.hehehe. Lagi-lagi biaya ini adalah biaya sukarela juga.
Kenapa harus ke kelurahan ?, karena dokumen yang kita pegang juga ada di kelurahan. Nah untuk membuat sertifikat, seluruh dokumen tersebut harus diserahkan ke BPN juga.

6. Jika seluruh dokumen terkumpul semua, silakan menuju BPN lagi.

7. Serahkan seluruh dokumen ke loket yang disediakan lalu anda akan menerima tanda terima penyerahan dokumen.

8. Tanya berapa lama harus menunggu untuk sertifikatnya terbentuk.

9. Setelah mendapatkan jawaban, tunggu deh, sebaiknya setelah melewati masa menunggu seperti yang diberitahukan oleh BPN, hubungi orang BPN tersebut mengenai statusnya.

Mengapa biaya notaris ppat mahal ? katanya sih karena yang ngurus bukan orangnya langsung, maka pada saat si orang notaris ke BPN, biayanya bisa 2x lipat jika dibandingkan urus sendiri.
Biaya yang tadinya hanya Rp.25ribu, bisa Rp.50ribu.

Strategi ini saya tulis agar bisa berguna untuk saya pribadi (takut lupa) juga semoga berguna bagi masyarakat yang awam seperti saya.
Pilihan anda yang disarankan ada 2 yaitu :
1. Urus sendiri atau
2. Dengan Bantuan Notaris PPAT

Jangan menggunakan jalur yang tidak jelas, apalagi menyuruh orang yang tidak jelas. contoh: menyuruh orang kelurahan.

Ingat!, Pengalaman adalah sesuatu yang sangat berharga, jangan mau anda dibohongi terus oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan masalah-masalah biaya yang harus anda keluarkan.

.::Artikel Menarik Lainnya::.

11 komentar:

  1. ijin share mas, artikelnya bermanfaat

    BalasHapus
  2. ya... semoga bermanfaat bagi kita semua

    BalasHapus
  3. assalamualaikum...
    saya pernah membuat akta tanah, (posisi akta tanah adalah di bawah sertifikat tanah, dan diatas girik: kalau saya tidak salah.mhn diluruskan).
    waktu itu saya melengkapi dulu syarat2 dan menyerahkan sepenuhnya pada pihak kelurahan, biaya yang dikeluarkan Rp.400 rb.
    mmhh..saya tidak tahu kalau buat sertifikat biayanya 500rb..wah kalau gitu , harusnya bikin sertifikat saja ya.
    but, trims infonya..
    salam

    BalasHapus
  4. kalau giriknya tidak ada, apakah tetap bisa dibuat sertifikatnya? dokumen lainnya ada

    BalasHapus
  5. MANTAP.....! Trima kasih banyak...

    BalasHapus
  6. Sy mau tanya untuk pembuatan surat tanah haruskah pakai surat asal muasalnya tanha tersesebut? TLG jlskan

    BalasHapus
  7. makasih infonya mas...

    BalasHapus
  8. beruntung saya bertemu artikel ini. Ibu saya sedang mengurus surat tanah di kelurahan Tegalsari kecamatan Candisari Kota Semarang Jateng. Di kelurahan itu ibu saya diminta uang 1,5 juta. kok mahal ya,kalau biaya sukarela buat siapa ya?. Ibu ingin tanah peninggalan alm. Bapak di sertifikat HM dan balik nama ke nama ibu . Setelah dipingpong dan bbrp kali datang ke kelurahan (pdhl ibu lg sakit habis operasi)dari melengkapi dokumen, tandatangan saksi , tatus tanah dan tandatangan anak-anaknya ya trs ujungnya diminta uang 1,5 juta itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biaya sukarela ya biaya yang dipersiapkan untuk dikorupsi om.
      kayaknya ngga ada bangga bangga nya idup di indo

      Hapus
  9. beruntung saya bertemu artikel ini. Ibu saya sedang mengurus surat tanah di kelurahan Tegalsari kecamatan Candisari Kota Semarang Jateng. Di kelurahan itu ibu saya diminta uang 1,5 juta. kok mahal ya,kalau biaya sukarela buat siapa ya?. Ibu ingin tanah peninggalan alm. Bapak di sertifikat HM dan balik nama ke nama ibu . Setelah dipingpong dan bbrp kali datang ke kelurahan (pdhl ibu lg sakit habis operasi)dari melengkapi dokumen, tandatangan saksi , tatus tanah dan tandatangan anak-anaknya ya trs ujungnya diminta uang 1,5 juta itu.

    BalasHapus