Google

Memuat...

Jumat, 03 Juli 2009

Merawat rambut si kecil

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

baby_mohawk.jpg
Kondisi kulit kepala anda dan si kecil tidak sama. Si kecil butuh penanganan lebih intensif. Berikut beberapa tips merawat rambut si Kecil agar tetap sehat dan terpelihara dengan baik.

Mencuci Rambut
Bayi: Cucilah rambut bayi sekali atau dua kali dalam seminggu. Kondisi kulit kepala bayi yang berminyak kadang menimbulkan kerak-kerak seperti ketombe yang menempel dikulit kepala, gunakan sampo anti ketombe khusus bayi saat keramas, namun terlebih dahulu pijatlah secara perlahan kulit kepalanya dengan baby oil hingga kerak-kerak tersebut terkelupas.

Toddler: Cucilah rambut balita anda paling tidak tiga kali dalam seminggu, atau bisa lebih sering jika rambutnya terkena cipratan atau tumbahan makanan.

Usia Pre-School keatas: Sejalan dengan semakin panjangnya pertumbuhan rambut anda, maka anda perlu mencucinya hampir setiap hari, apalagi jika rambut anak anda sangat keriting dan kering, pada kondisi rambut seperti ini anda juga bisa menggunakan kondisioner paling tidak seminggu sekali.

Apa Perbedaan sampo biasa dan sampo bayi?


Sampo dewasa mengandung bahan kimia yang disebut dengan anionics atau lebih sering disebut dengan ammonium laurel sulfate yang membuat sampo memiliki busa lebih banyak, sehingga anda meresa lebih bersih. Zat ini bisa membuat rambut kering, namun karena orang dewasa biasanya memakai kondisioner dan berbagai styling rambut lainnya, serta dengan kondisi rambut orang dewasa yang cenderung lebih berminyak dari pada anak-anak penggunaan ini tidak menimbulkan masalah bagi mereka. Selain itu sampo bayi biasanya juga tidak pedih dimana, mengingat mata bayi belum terlalu peka untuk mengedip.


Menyisir Rambut

* Untuk mencegah agar si kecil tidak merasa kesakitan saat rambutnya disisir, berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan:
* Gunakan sisir bergerigi besar dan jarang, atau yang menggunakan bulu sikat sintetis. Pada rambut yang kering hindari penggunaan sisir bergerigi rapat yang bisa membuat rambut si kecil kusut.
* Jangan mulai menyisir dari rambut bagian atas, karena anda hanya akan membuat rambutnya kusut. Sebaliknya, mulailah dengan menyisir bagian bawah terlebih dahulu, kemudian perlahan sisirlah bagian atas rambut, pisahkan rambut yang menggumpal dan nyangkut dengan jari anda dengan lembut.
* Sisirlah bagian rambut yang berada di bagian belakang leher terlebih dahulu, dibagian itulah rambut akan cenderung lebih kusut.
* Jangan membasahi rambut dalam keadaan kusut, karena hal tersebut malah akan membuatnya semakin kusut. Gunakan kondisioner rambut atau spray anti kusut untuk anak-anak.


Trik Potong Rambut Untuk si Kecil
Paling susah membuat anak tetap tenang saat rambutnya dipotong, berikut beberapa trik membuatnya tenang saat potong rambut.

* Sebelum mengajak anak anda potong rambut, terlebih dahulu ajaklah ia ikut serta saat anda atau suami potong rambut, dengan demikian ia jadih lebih terbiasa dengan suasana salon atau pangkas rambut. Kalau perlu ajaklah anak untuk terlebih dahulu melaluka pendekatan dengan hair stylish atau tukang cukur yang akan mencukurnya. Buatlah janji terlebih dahulu dengan stylish tersebut agar si kecil merasa lebih nyaman dipoting rambutnya oleh orang yang telah dikenalnya. Buatlah janji diwaktu setelah jam tidur siang anak dimana ia sedang tidak dalam keadaan mengantuk dan masih segar.

* Bawalah mainan favorit si kecil, buku, dan sebagainya. Jangan mmebicarakan ketakutan dan kegugupannya kepada hair stylish atau tukang cukur langsung didepannya.

* Mintalah tukang cukur atau hair stylish anak anda untuk mencukur bagian ujung-ujung terlebih dahulu seperti daerah dahi, diatas telinga dan belakang leher untuk jaga-jaga jika ternyata si kecil enggan menyelesaikan sesi potong rambutnya. Mintalah si kecil melihat ke cermin saat si pencukur mencukur rambutnya, minta juga si pencukur untuk menjelaskan pada anak anda apa yang sedang ia kerjakan pada rambutnya.

* Yang paling aman ajak si kecil cukur rambut di tempat cukur khusus anak-anak, dimana biasanya telah didesain menarik bagi anak-anak, sekaligus hair stylish atau pencukurnya sudah lebih biasa menangani anak-anak.


Menaklukan si Rambut Mohawk
Rambut mohawk pada anak kadang bisa membuat anak terlihat keren, namun kadang malah membuat risih yang melihat. Berikut tips bagi anda yang ingin menaklukan rambut mohawk anak anda:

* Blow dry rambut si kecil dengan panas rendah dari akar ke ujung rambut menggunakan sikat sisir bergerigi rapat hingga rambutnya terlihat lebih turun.
* Biarkan rambut anak anda memanjang agar posisinya lebih turun.
* Gunakan styling gel atau cream untuk menurunkan rambutnya, atau justru anda bisa memodifikasi nya menjadi rambut spike.

Menutupi kekurangan rambut sikecil
Dibagian depan: Sisirlah lebih banyaj rambut ke arah dahi, kemuadian potong poni tersebut. Untuk anak wanita, memakaikan bando atau jepit cukup ampuh menyembunyikan kerusakannya selagi rambut mereka tubuh, hingga saatnya nanti memotongnya.

Pitak: Jika bisa, pindahkan belahan rambut anak anda hingga menutupi area pitaknya, atau bagi gadia kecil, mintalah hair stylish anak anda memotong rambut sikecil dengan model layer tidak beraturan, agar pitak lebih tersamarkan.

kafebalita.com

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar