Google

Memuat...

Jumat, 24 Juli 2009

Pisang Turunkan Risiko Stroke

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.



Pisang adalah buah yang banyak mengandung potasium yaitu mineral yang berfungsi menstabilkan detak jantung, otak, dan proses fisiologi penting lainnya. Cukup makan pisang bisa ikut menurunkan risiko terkena stroke. Peneliti dari Tulane University menemukan bahwa orang yang kurang mengkonsumsi potasium bisa meningkatkan risiko terkena stroke hingga 28 persen dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi potasium dengan cukup.

Seseorang dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar 2.300 mg potasium perhari. Sedangkan yang sering ditemukan, orang hanya mengkonsumsi kurang lebih 1.500 mg potasium per hari.

Pada pisang ditemukan kandungan potasium yang tinggi sebesar 400 mg yang setara dengan segelas orang juice atau kentang kukus.

"Meskipun belum dapat dipastikan dengan jelas bagaimana potasium bisa mencegah stroke, namun potasium berhubungan dengan tekanan

darah yang menjadi kuncinya. Ini disebabkan potasium bisa membuat rileks pembuluh darah sehingga bisa mencegah tekanan darah tinggi dan juga membantu mengeluarkan sodium dari darah," ujar ahli stroke Dr. Mitchell Elkind yang dilansir Health24, Jumat (24/7/2009).

"Orang yang mengkonsumsi potasium bisa menggantikan sodium yang dapat menurunkan tekanan darah, yang memungkinkan tekanan darah turun sehingga risiko stroke akan berkurang," ujar Elkind, ahli saraf dari Columbia Presbyterian Medical Center.

"Karena faktor terkena risiko stroke bukan dari tekanan darah saja ada beberapa faktor lain yang juga berpengaruh. Jadi lebih baik konsumsi potasium dan menjalankan gaya hidup yang lebih sehat adalah faktor penting untuk mengurangi risiko stroke," tambahnya.

Penelitian ini melibatkan 9.800 masyarakat Amerika baik laki-laki maupun perempuan. Partisipan diamati total kalori yang masuk dan makanan apa saja yang dikonsumsi. Dengan menggunakan rekam medis dan surat kematian, peneliti mendapatkan informasi untuk stroke dan penyakit kardiovaskular yang dialami oleh partisipan.

Setelah diamati selama 19 tahun, didapat 927 partisipan menderita stroke sedangkan 1.847 diduga menderita penyakit jantung. Setelah dibandingkan didapati hubungan antara stroke dan konsumsi potasium.

"Partisipan yang mengkonsumsi sedikit potasium per hari (sekitar 1.500 mg) memiliki risiko terkena stroke dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi potasium yang cukup," ujar Lydia Bazzano, Ketua peneliti dan ahli epidemiologis.

Jadi, tidak ada salahnya untuk memasukkan pisang sebagai buah yang harus dikonsumsi secara teratur setelah makan besar. Selain bagus untuk tubuh kandungan potasiumnya juga bisa mengurangi risiko terkena stroke.


health.detik.com


.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar