Google

Memuat...

Rabu, 08 Juli 2009

Batuk

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Batuk bukan merupakan penyakit, melainkan gejala penyakit. Batuk merupakan refleks pertahanan tubuh untuk mengeluarkan dahak, riak, dan benda asing lainnya dari saluran pernafasan. Oleh karena itu, istilah untuk menghilangkan gejala batuk disebut simtomatik.

Batuk terdiri dari 2 macam; (1) batuk kering, dan (2) batuk berdahak. Sedangkan untuk obatnya juga dapat dibagi menjadi 2 jenis; (1)

Anti-tusif: dekstrometorfan dan difenhidramin. (2) Ekspektoran: guaifenesin, gliseril guaikolat, ammonium klorida, bromheksin dan succus liquiritae. Anti-tusif berguna untuk mengobati batuk kering sedangkan ekspektoran untuk mengobati batuk berdahak.

Salah satu jenis batuk adalah batuk bronkittis. Batuk jenis ini terjadi karena peradangan pada saluran udara ke paru-paru. Brokitis dapat dibedakan dalam beberapa hal menurut penyebabnya. Bronkitis infeksiosa disebabkan virus dan bakteri. Bronkitis berulang terjadi pada para perokok dan penderita penyakit paru-paru. Bronkitis iritatif disebabkan oleh debu, asap, polusi udara, dan rokok.

(tbs/tbs)

detikhealth

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar