Google

Memuat...

Jumat, 03 Juli 2009

Menyimpan susu formula

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Saat ibu tak bisa meberikan ASI bagi anak-anak mereka, susu formula menjadi alternatif utama. Meski kandungannya tidak sekomplit ASI, namun susu formula cukup bisa memenuhi kebutuhan gizi anak. Menyimpan ASI dalam freezer mungkin merupakan hal biasa yang ibu lakukan jika persedian ASI peras si kecil berlebih. Namun, bagaimana dengan susu formula. Apakah susu formula bisa di simpan dalam freezer seperti halnya ASI?, yuks kita cari tahu.

Susu bubuk
Pada susu bubuk, disarankan untuk mengkonsumsinya paling lama sebulan sejak kaleng di buka. Habiskan terlebih dahulu susu formula yang expired date nya paling dekat jika kebetulan anda membuka 2 kaleng susu formula. Susu formula tidak bisa disimpan di dalam freezer karena dapat merubah komposisi yang dikandungnya, sehingga saat di aduk dengan air hasilnya tidak merata.

Susu kental manis
Susu kental manis hanya memiliki waktu

48 jam disimpan di dalam lemari es sejak kalengnya dibuka. Seperti halnya susu bubuk, susu kental manis tidak bisa di masukan dalam freezer, karena bisa membuat susu meleleh, dan jika sudah meleleh, kandungan susunya akan terpisah, dengan lapisan yang mengandung minyak berada diatas. Lapisan tersebut tidak bisa di satukan lagi dengan susu yang tersisa, meski telah di aduk dengan air.

Susu siap saji
Seperti halnya susu bubuk dan susu kental manis, susu siap saji tidak bisa di simpan di dalam freezer, karena dapat membuat komposisinya berubah. Untungnya hampir semua susu siap saji di kemas dalam porsi kecil yang hanya untuk satu sampai dua kali dikonsumsi dalam sehari.

Nutrisi susu formula
Meski tidak direkomendasikan, namun menyimpan susu formula di freezer tidak akan mengurangi kualitas nutrisi dan keamanan yang dikandungnya. hanya saja rasa dan konsistensinya bisa berubah, dan bisa membuat bayi anda enggan meminumnya.

Alternatif penyimpanan
Jika anda selalu menyisakan susu formula anda pada saat masa penyimpanannya berakhir, anda mungkin harus mempertimbangkan untuk mengganti kemasan dan jenis susu formula untuk anak anda. Misalnya, jika susu kental manis selalu tersisa di luar masa penyimpanannya, ada baiknya anda mulai berfikir untuk menggantinya dengan susu kaleng yang memiliki daya tahan penyimpanan lebih lama. Jika anda sudah memilih susu bubuk, namun ternyata di batas waktu penyimpanan susu masih banyak tersisi, belilah kemasan yang lebih kecil sesuai kebutuhan anda.


kafebalita.com

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar