Senin, 03 Agustus 2009

Khasiat wortel

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.




KANDUNGAN KIMIA

Wortel merupakan tanaman yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena banyak mengandung beta-karoten. Wortel yang semakin oranye warnanya, maka akan semakin tinggi pula kandungan beta-karotenya. Dalam setiap 100 gr wortel akan diperoleh sekitar 12.000 SI vitamin A.
Kandungan zat gizi dalam 100 g wortel adalah sebagai berikut: Protein 1,1 g, lemak 0 g, karbohidrat 10 g, serat 3,1 g, vitamin A 12.000 SI, vitamin C 4 mg, vitamin E 0,5 mg.

KHASIAT

Pada saat dilakukan pemanenan wortel harus dilakukan secara hati-hati agar tidak terjadi luka pada umbinya. Luka pada umbi akan menyebabkan masuknya bakteri. Bakteri dari kelompok Leaconostoe yang masuk ke dalam umbi wortel yang terluka akan cepat sekali tumbuh dan akan menguraikan gula yang ada di dalam wortel untuk diubah menjadi dextran yaitu suatu senyawa yang berbentuk lendir sehingga wortel tidak layak untuk dikonsumsi. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan katarak dan kebutaan, tingginya angka kesakitan dan angka kematian, khususnya di kalangan balita. Setiap tahun di Indonesia diperkirakan lebih dari 60.000 anak Indonesia menderita gangguan penglihatan. Indonesia masih kekurangan vitamin A sekitar 1,5 – 13,9 % yang pada umumnya diderita pada anak pra-sekolah. Oleh sebab itu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat vitamin A setiap hari, misalnya wortel.

1. Wortel adalah salah satu sumber makanan detoksifikasi yang mempunyai kemampuan untuk mengatur ketidakseimbangan dalam tubuh.
2. Wortel merupakan komoditas sayuran yang banyak mengandung beta karoten yang merupakan prekusor vitamin A.
3. Wortel sebagai sumber vitamin A berfungsi untuk membantu proses

penglihatan. Vitamin tersebut merupakan bagian yang sangat penting dari penerimaan cahaya mata. Semua pigmen penglihatan mata dibuat dari protein yang mengandung vitamin A.
4. Wortel kaya akan zat antioksidan beta karoten yang mampu mencegah radikal bebas menjadikan kanker, dapat menurunkan resiko kanker prostat pada lelaki.
5. Mengkonsumsi secara rutin wortel dapat mengurangi keganasan dari radikal bebas.
6. Sebaiknya tidak mengkonsumsi terlalu berlebihan sebab akan menyebabkan kulit menjadi kuning.
7. Wortel selain dikonsumsi segar dapat pula dikukus terlebih dahulu kemudian dimakan.

TIPS PENYAJIAN

1. MENURUNKAN KOLESTEROL: Wortel dapat dibuat dari buah yang segar dengan cara diblender untuk menurunkan kolesterol sampai dengan 11% bila mengkonsumsi 7 ons wortel tiap hari.
2. MENCEGAH RESIKO STROKE: maka dianjurkan untuk makan wortel segar paling sedikit 5 kali seminggu.
3. MENINGKATKAN KESUBURAN BAGI KELUARGA MUDA: 3 ons wortel diblender dengan campuran 1 buah apel dan 0,5 kg taoge.



4. ANTI KANKER: Mengkonsumsi 250 ml jus wortel setiap hari, terutama pada pagi hari sebelum makan akan membantu kesehatan usus besar dan membantu pertahanan tubuh dari resiko kanker, terutama kanker paru, laring, protat, kantung kemih dan cervix (leher).
5. MENGHALUSKAN WAJAH: 2-3 wortel diparut kemudian diperas airnya atau parutan wortel langsung ditempelkan di wajah.
6. MENGATASI HIPERTENSI: 500g wortel dicuci, dipotong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, kemudian diminum. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.
7. MENGATASI RABUN SENJA: 2 batang wortel dicuci diparut. remas dengan 2 sendok air matang. Peras dan saring. Beri madu supaya lebih enak, kemudian diminum. Lakukan ini 3x sehari.
8. MENGATASI MATA MINUS: minum air rebusan wortel atau makan wortel mentah. Bisa juga memarut 7 buah wortel, dan beri sedikit air matang. Kemudian peras dengan kain. Minum air perasannya 1x sehari.
9. MENGATASI DEMAM PADA ANAK: 200g wortel dicuci, diparut dan diperas sampai keluar sarinya. Air perasannya direbus dan diminum.
10. MENGATASI CACINGAN: keringkan 5 wortel, dan tumbuk/parut sampai menjadi bubuk. Seduh dengan air secukupnya. Minum 2x sehari, 5g setiap kali minum.
11. MENGATASI LUKA BAKAR: wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar.
12. MENGATASI BATUK: sebatang wortel dibersihkan, diparut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Beri sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2x sehari.
13. MENGATASI NYERI HAID: 250g wortel dicuci, dipotong-potong. Beri sedikit air, lalu diblender. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.
14. MENGATASI SEMBELIT: 2 wortel dicuci bersih, lalu diparut. Beri 2 sendok makan air matang dan sedikit garam, kemudian peras. Minum airnya 2x sehari.

khasiat.com

.::Artikel Menarik Lainnya::.

1 komentar: