Jumat, 31 Juli 2009

Etnis & Usia Pengaruhi Diabetes Selama Hamil

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Kelompok etnis tertentu dan wanita dengan status sosial ekonomi yang rendah berisiko lebih tinggi mengalami diabetes selama kehamilan.

Sebanyak 30% dari wanita yang mengalami diabetes gestational, kemudian akan mengalami diabetes tipe 2 dalam 7-10 tahun mendatang. Demikian diungkapkan Dr Hidde P. van der Ploeg of the University of Sydney, Australia.

"Pada sebagian kelompok, kejadian itu bahkan meningkat 50% dalam lima tahun terakhir," ujarnya.

Dr Van der Ploeg dan tim memeriksa data dari sekitar 950.000 kelahiran di New South Wales antara tahun 1995-2005.



Selama periode tersebut, umumnya diabetes gestational naik dari 3% menjadi 4,4% atau terjadi peningkatan sekitar 45%.

Wanita yang lahir di Asia Selatan cenderung empat kali lebih berisiko mengalami gestational diabetes dibandingkan wanita yang lahir di Australia.

Peningkatan usia juga merupakan salah satu faktor risiko yang penting. Dibandingkan wanita pada usia 20-an, wanita yang berusia diatas 40 tahun berisiko enam kali lipat mengalami kehamilan dengan diabetes.

Wanita yang mengalami diabetes selama kehamilan maka akan menghadap risiko yang lebih besar terhadap diabetes
tipe 2, faktor etnik dan status sosial ekonomi tampaknya menjadi salah satu pengaruh risiko dari diabetes gestational. Demikian kesimpulan para peneliti.

"Intervensi budaya tertentu seharusnya dapat dibangun untuk mencegah berkembangnya diabetes tipe 2 pada wanita yang memiliki risiko tinggi," terang Van der Ploeg. (reuters/ri)

Republika.co.id

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar