Google

Memuat...

Sabtu, 11 Juli 2009

Manfaat vitamin C pada sayur dan buah-buahan

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Vitamin C mungkin menjadi vitamin yang paling beken saat ini. Selain memang iklan tentang vitamin ini dapat dengan mudah kita temukan di media massa, vitamin c ternyata mempunyai peranan penting dalam 300 fungsi tubuh. Fakta membuktikan bahwa vitamin c sangat penting untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, kanker dan beberapa penyakit serius lainnya. Tanpa vitamin c, tubuh tidak akan mampu untuk menyembuhkan dirinya sendiri.
Semua hal yang tersebut diatas disebabkan karena vitamin merupakan bahan yang sangat penting dalam pembentukan kolagen. Saat seseorang mengalami cidera atau luka maka kolagen akan membantu memperbaiki kerusakan organ tersebut. Tanpa vitamin c, proses itu tidak akan pernah terjadi. Selain untuk membantu memperbaiki organ yang rusak, kolagen juga membantu untuk mempertahankan keadaan organ tubuh tetap pada tempatnya. Bisa dibayangkan apa yang terjadi bila vitamin c tidak tersedia.
Vitamin c juga berfungsi sebagai antioksidan dan membantu vitamin atau mineral lain diserap oleh tubuh dengan lebih baik. Misalnya asam folat dan zat besi, kedua mineral ini membutuhkan vitamin c agar fungsinya bisa optimal. Semakin banyak vitamin c yang terdapat dalam tubuh maka akan semakin baik pertahanan tubuh terhadap penyakit. Vitamin c tidak mempunyai kemampuan untuk menghindari infeksi virus tetapi vitamin c dapat membantu mempercepat penyembuhan.
Vitamin c banyak terdapat dalam buah buahan dan sayur sayuran tetapi dengan kadar yang berbeda beda. Kadar vitamin c yang tinggi banyak terdapat dalam buah melon dan buah buahan dari daerah tropis. Vitamin c juga banyak terdapat pada cabe, semakin pedas cabe itu maka semakin tinggi kandungan vitamin c-nya.
Sayangnya vitamin c sangat mudah larut dalam air sehingga kita banyak kehilangan vitamin c pada sayuran bila salah dalam mengolahnya. Hal ini terutama terjadi bila kita memasak sayuran yang terlalu lama direbus. Salah satu jenis makanan yang masih banyak kandungan vitamin c dalam sayurannya adalah lalapan.
Suplemen tambahan vitamin c sangat diperlukan bagi mereka yang asupan vitamin c dari makanan kurang. Tetapi hal ini tidaklah menjadi suatu keharusan sebab vitamin c yang berasal dari bahan alami (sayuran dan buah) jauh lebih bagus daripada suplemen buatan ini. Mengkonsumsi vitamin c secara berlebihan sebenarnya tidak berbahaya karena tubuh akan membuang sisanya melalui kencing. Cuma kalau kita mengkonsumsi suplemen vitamin c secara berlebihan tentu tidak baik untuk kantong kita sebab banyak diantaranya akan dibuang melalui kencing.


Blogdokter.net



.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar