Google

Memuat...

Selasa, 11 Agustus 2009

Protein Penyebab Kanker

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Kanker adalah penyakit yang sampai saat ini menjadi momok karena belum ada sistem terapi yang benar-benar handal. Selama ini paling banyak digunakan adalah kemoterapi. Penemuan protein penyebab kanker dapat membantu dalam penanganan kanker.

Kanker merupakan penyakit yang ditandai dengan perkembangan dan penyebaran sel-sel yang tidak terkendali. Penyebaran yang tidak terkendali (metastatis) merupakan hal yang tersulit dalam mengidentifikasi dan menemukan cara untuk mengobati penyakit ini. Sel-sel abnormal tersebut dapat ditemukan di berbagai organ misalnya payudara dan paru-paru menghasilkan kanker dengan sifat-sifat yang khas untuk masing-masing organ tersebut.

Sel-sel yang menyusun organ, hidup dan berkembang dalam sebuah system yang terorganisir rapi. Masing-masing sel tersebut hidup berdampingan satu dengan yang lain dengan kerjasama yang saling menguntungkan. Akan tetapi,

tiap-tiap sel juga mempunyai waktu yang terbatas. Ada dua hal yang dapat menyebabkan sel mati, yaitu kecelakaan dan terprogram. Pada saat tubuh kita terluka, ratusan bahkan ribuan sel mati. Sel juga bisa mati karena terprogram (apoptosis) yaitu dalam rangka pertumbuhan (misalnya perkembangan embrio di dalam rahim ibu) atau untuk mempertahankan diri dari serangan virus (sistem kekebalan). Pada saat sel mati, itu artinya sel memisahkan diri dari society (anoikis). Sel kanker memiliki sifat yang khas yaitu pada saat dia memisahkan diri dari komunitasnya, dia masih bisa hidup, mengembara dan bahkan menyerang jaringan-jaringan hidup lainnya (tissue). Banyak ilmuwan menaruh perhatian yang besar terhadap masalah ini, kenapa sel-sel kanker ini bisa selamat dari apoptosis? Zat-zat kimia atau senyawa apa yang mendukung perkembangbiakan sel-sel kanker?

Beberapa ilmuwan dari Belanda berhasil mengidentifikasikan jenis protein penyebab penyakit kanker. Hasil temuan ini mereka publikasikan di majalah ilmiah terkemuka Nature



www.kamusilmiah.com

.::Artikel Menarik Lainnya::.

1 komentar:

  1. I was able to find good info from your articles.

    my page: Going at blogspot.co.uk

    BalasHapus