Google

Memuat...

Selasa, 25 Agustus 2009

Masa kelahiran hamster

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

* Hamster Syria

Induk hamster Syria bisa melahirkan pada pagi, siang, sorel atau malam hari. Dengan kata lain hamster Syria tidak memilih waktu melahirkan. Sebelum melahirkan hamster syria akan menekan otot perutnya 2-3 kali dan mendekatkan tubuhnya ke dasar alas kandang. Tidak lama kemudian bayinya akan lahir satu per satu dengan jarak sekitar 10 menit dari induk akan memakan setiap plasenta yang keluar. Plasenta ini bentuknya seperti gumpalan kecil berwama merah.



Setelah proses kelahiran induk hamster syria akan meletakkan anak-anaknya di tengah sarangnya. Bayi hamster berukuran kecil dengan berat sekitar 3 gram per ekor. Jika bayi hamster tersebut keturunan”hamster bermata hitaml akan terlihat samar wama hitam di kelopak matanya yang masih tertutup. Jika berasal dari keturunan hamster bermata merah, wama mata pada kelopak mata yang masih tertutup tidak akan terlihat karena bola mata berwarna merah akan tersamar dengan warna kelopak mata. Bayi hamster lahir dalam keadaan sudah bergigi.



lnduk hamster yang baru melahirkan dan sedang menyusui tidak boleh diganggu

apalagi bayinya disentuh dengan tangan. Jika dilakukan, induk hamster tidak mau lagi mau menyusui bayinya, bahkan bisa memakan habis anak anak yang baru dilahirkannya. Hal ini disebabkan adanya aroma lain yang menempel di tubuh anak hamster yang tersentuh tangan. Bau tersebut asing bagi induk hamster, sehingga induk tersebut menduga bahwa bau tersebut bukan bau anaknya. .



* Hamster Mini Campbell

Waktu dan proses kelahiran hamster, campbell pada dasarnya sarna dengan hamster syria. Umumnya, setelah, betina melahirkan, jantan (pasangannya) membantu mengasuh anaknya. Bahkan, hamster yang lain pun turut membatu menjaga bayi hamster itu. Kondisr seperti ini dapat terjadi jika induk betina melahirkan di dalam wadah berpenghuni banyak. Jika ada dua ekor atau lebih hamster . betina melahirkan pada waktu yang bersamaan, mereka akan meletakkan bayi-bayi hamster tersebut dalam satu sarang dan induk-induknya menyusui bayi mereka secara bergantian. Namun, penulis tak menggunakan cara ini karena tidak ingin jantan membuahi betina yang sedang merawat anaknya. Setelah anak hamster campbell berumur 4-6 hari, biasanya akan muncul warna di kulitnya. Jika anak hamster tersebut keturunan hamster berwarna gelap, di kulitnya akan muncul warna kehitaman dan jika keturunan warna cerah, warna yang timbul adalah warna-warna yang lembut.

Pada hari ke-6-7 tubuh bayi campbell mulai memperlihatkan warna dan telinganya sudah membuka. Pada hari ke-9-10 tubuh bayi hamster mulai ditumbuhi bulu dan matanya mulai terbuka. Pada saat ini bayi hamster pun mulai merangkak di dalarn kandang dan induk betina akan mengembalikan mereka semua ke dalam sarangnya. Setelah berumur 14-16 hari mata bayi Iuimster terbuka penuh dan tubuhnya telah dilengkapi bulu. Pada saat ini induk betina.mulai menumpuk pakan untuk anak-anaknya.



* Hamster Mini Winter White

Setelah hamil selarna 18-21 hari, hamster winter white betina melahirkan bayinya. Proses kelahiran ini berlangsung . dengan cepat dan jeda waktu kelahiran bayi hamster yang satu dengan yang lain hanya beberapa saat. Prosesnya sarna dengan kelahiran hamster campbell. Induk winter white secara naluri langsung mengumpulkan anak-anaknya di dalam sebuah cekungan yang telah dibuatnya. Biasanya, cekungan ini terletak di sudut kandang.

* Hamster Mini Roborovski

Sebelum melahirkan, Roborovski betina akan -mengejankan otot perutnya 2-3 kali, kemudian berdiarn beberapa saat menunggu bayinya lahir. proses ini berlangsung sampai semua bayinya lahir. Setelah semua bayinya lahir, induk aktif mengumpulkannya dalam satu lubang atau cekungan tempat bersarang.

http://g3mbulzone.wordpress.com


.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar