Google

Memuat...

Kamis, 07 Juni 2012

Redakan Stres Dengan Latihan Pernafasan

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.





Stres adalah salah satu gangguan psikologis yang dapat menganggu aktivitas Anda. Penyebab stres bisa bermacam-macam, mulai dari tekanan pekerjaan, masalah rumah tangga, hingga masalah ekonomi dan sebagainya.


Hampir setiap hari Anda akan berhadapan dengan stres. Perlu Anda ketahui bahwa stres adalah salah satu pemicu utama meningkatnya nafsu makan berlebihan, yang dapat menggagalkan usaha Anda dalam menurunkan berat badan. Nah, agar Anda tidak makan berlebihan saat stres, Anda bisa mengatasinya dengan latihan pernafasan.

Latihan pernafasan merupakan metode bernapas dengan cara tertentu untuk meningkatkan dan memperbaiki kinerja sistem pernafasan (respirasi). Latihan ini berperan dalam memperbaiki kinerja paru-paru dalam menyerap oksigen secara optimal. Penelitian menyebutkan bahwa melakukan latihan pernafasan selama 30 detik sampai dengan 2 menit lima kali sehari yang dilakukan secara rutin dalam waktu 12 pekan dapat meningkatkan kinerja paru-paru sebanyak 10 %.

Tak hanya berguna untuk meredakan stres, latihan pernafasan juga dapat meningkatkan energi, menstabilkan tekanan darah, membantu mengeluarkan racun dalam tubuh melalui urin, keringat, dan sebagainya serta meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Tak perlu tempat atau waktu khusus untuk melakukan latihan ini. Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja.

Cara melakukan latihan pernapasan

Melakukan latihan pernafasan tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Bahkan Anda bisa melakukan latihan ini ditengah kesibukan Anda. Caranya mudah, yaitu, Anda cukup duduk dalam posisi yang nyaman, tutuplah kedua mata Anda. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan tahan selama lima detik, kemudian keluarkan secara perlahan dari mulut selama tujuh detik. Ulangi hingga 4-5 kali. Anda juga bisa melakukan latihan ini dengan cara lain yaitu, ambil napas dalam-dalam dari hidung, tahan 5 detik kemudian hembuskan melalui mulut dengan mengeluarkan suara, dan rasakan manfaatnya bagi kebugaran Anda.

Lakukan latihan pernafasan setiap kali Anda mengalami stres, panik, gugup, dan kondisi lain yang membuat Anda tidak nyaman. Latihan pernafasan juga baik untuk menjernihkan pikiran, merelaksasi tubuh, dan meningkatkan konsentrasi Anda. Mari biasakan hidup sehat dengan rajin melakukan latihan pernafasan.
Artikel Terkait

duniafitnes.com

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar