Google

Memuat...

Kamis, 02 Desember 2010

5 Makanan Wajib untuk Wanita

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Eka Septia Wulan

Makan ternyata bukan asal kenyang saja. Makanan pria dan wanita juga berbeda karena kebutuhan tubuhnya juga berbeda. Untuk para wanita, ada beberapa jenis makanan yang wajib dimakan tiap hari. Apa saja sih?

Sebagai wanita, tubuh menjadi bagian yang cukup penting demi menunjang penampilan. Demi menjaga bentuk tubuh tetap ideal, sebagian wanita pun berusaha menjalankan berbagai macam program diet. Namun, banyak wanita lupa kalau tubuh juga membutuhkan nutrisi demi kelangsungan sistem metabolisme tubuh.

Untuk menyiasatinya, lima jenis makanan berikut ini sebaiknya dikonsumsi oleh wanita setiap hari agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh tetap terpenuhi.

Sayuran Hijau
Sudah tidak diragukan lagi, kalau sayuran hijau memang sangat baik untuk tubuh. Sayuran hijau seperti bayam, selada, lettuce, brokoli, daun singkong, dan lain-lain merupakan sumber serat yang paling baik. Selain itu, vitamin C , vitamin K dan asam

folat juga tak diragukan lagi. Jenis mineral lain seperti zat besi, magnesium, kalsium, dan potasium terdapat di beberapa jenis sayuran hijau. Semakin hijau warna sayuran semakin kaya akan nutrisi.

Gandum
Gandum merupakan sumber serat yang tinggi, hampir 96% kandungan utama gandum adalah serat. Sedangkan sisanya adalah vitamin dan mineral lainnya. Karena gandum tidak cukup mudah di dapat di Indonesia, Anda bisa menggantinya dengan produk turunannya, seperti oatmeal, roti gandum, pasta yang berasal dari gandum.

Kacang-kacangan
Kacang merupakan sumber protein nabati yang sangat baik. Selain itu kacang juga mengandung vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit, magnesium, dan vitamin B. Kacang bisa mencegah penyakit kanker dan serangan jantung. Anda bisa mengkonsumsi kacang sebagai camilan sore hari, atau dicampurkan ke dalam salad ataupun yoghurt. Dalam seminggu cobalah konsumsi kacang sebanyak setengah mangkuk untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Yoghurt
Yoghurt rendah lemak atau yoghurt tanpa rasa mengandung cukup banyak vitamin , protein, dan kalsium. Yoghurt juga mengandung bakteri baik yang bagus untuk sistem pencernaan dan mencegah timbulnya penyakit dalam lambung. Konsumsi 3 hingga 4 cup yoghurt dalam seminggu. Pilihlah jenis yoghurt yang plain dan sebaiknya tidak ditambahkan gula, kalaupun ingin sesuatu yang lebih terasa tambahkan potongan buah segar ke dalamnya.

Aneka Buah Berries
Sudah tidak diragukan lagi, buah-buahan yang termasuk dalam keluarga berries (strawberry, raspberry, blueberry) adalah sumber serat dan juga antioksidan yang sangat baik. Antioksidan ini tidak hanya mencegah Anda terserang penyakit jantung dan stroke, tapi juga menjaga daya ingat Anda dalam kondisi prima. Konsumsi berries tiga kali dalam seminggu, sudah cukup menjaga tubuh Anda tetap sehat!

( eka / Odi )


detikhealth

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar