Google

Memuat...

Rabu, 12 Agustus 2009

Manfaatkan masa emas kecerdasan anak

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Usia 0 – 3 tahun dikenal dengan masa emas yang sangat menentukan perkembangan otak anak. Pemberian stimulasi dan asupan nutrisi adalah kuncinya.

Jangan abaikan the golden years atau masa emas dalam kehidupan anak di usia 0 – 3 tahun. inilah periode di mana perkembangan otak berlangsung sangat pesat. Berdasarkan penelitian ketika lahir berat otak bayi sekitar 25 % berat otak orang dewasa. Lalu di usia setahun meningkat menjadi 70 % dan di usia 3 tahun mencapai sekitar 80 %. Itulah masa tercepat perkembangan otak yang ditandai dengan proses terhubungnya sambungan-sambungan otak. Proses ini sebetulnya sudah dimulai sebelum bayi dilahirkan. Proses ini jugalah yang menjadi penggerak keinginan anak untuk belajar. Stimulasi atau rangsangan berupa pengalaman indrawi akan memperkuat sambungan antar sel otak sehingga terbentuklah jaringn yang kokoh. Semakin luas jaringan otak, semakin cepat anak menangkap pesan. Sebaliknya jika anak sedikit mendapat rangsangan, jarang diajak bermain dan jarang disentuh, perkembangan otaknya lebih kecil daripada ukuran normal di usia itu. Dengan kata lain jaringan otaknya tidak terbentuk optimal. Apalagi setelah masa emas terlampaui, sel-sel otak berkembang sdengan kecepatan yang melambat secara bertahap. Jadi tidak berlebihan jika dikatakan pengalaman selama 3 tahun pertama akan di bawa seumur hidup dan sangat menentukan proses perkembangan selanjutnya.

100_0251Stimulasi untuk kecerdasan. Pentingnya stimulasi telah disinggung oleh Dr. Bruce Perry dari Baylor Collage of Medicine Houston Amerika. “Pengalaman adalah kepala arsitek pembentuk otak”. Lewat stmulasi anak akan memiliki berbagai baca selanjutnya



.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar