Selasa, 12 April 2011

Buah dan Sayur Pelawan Kolesterol Jahat

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Merry Wahyuningsih

Kadar kolesterol tinggi dalam darah dapat menjadi faktor risiko penyakit
jantung dan pembuluh darah. Kebanyakan penyebab
kolesterol tinggi adalah dari makanan, tapi buah dan sayur berikut justru bagus untuk menurunkan kolesterol jahat.

Kolesterol adalah zat lemak yang ditemukan dalam darah dan sel-sel tubuh, dan merupakan nutrisi penting yang diperlukan tubuh manusia untuk menjalankan fungsi utamanya. Menurut American Heart Association (AHA), kolesterol digunakan untuk membentuk membran sel dan hormon.

Tapi kebanyakan kolesterol bisa menimbulkan beragam penyakit saat kolesterol menjadi jahat. Dr Kasim Rasjidi, SpPD-KKV, DTM&H, MCTM, MHA, SpJP, FIHA yang pernah dihubungi detikHealth mengatakan seseorang memiliki kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 mg, sedangkan masuk kondisi berbahaya jika sudah di atas 240 mg karena bisa menyebabkan stroke.

Berikut beberapa buah dan sayur yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, seperti dilansir Livestrong, Selasa (12/4/2011):

1. Buah delima (pomegranate)
Buah delima adalah antioksidan super yang membantu menjaga tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas karena faktor metabolisme dan lingkungan. Menurut buku Cholesterol Cures, jus delima dapat memperlambat proses oksidasi kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein atau kolesterol jahat) sebanyak 40 persen, dengan demikian

menurunkan penumpukan dalam darah dan arteri.

Buah delima juga kaya akan polifenol, yaitu flavonoid yang hadir sebagai pengecil kolesterol umum seperti yang terdapat pada teh hijau.

2. Buah lemon
Lemon merupakan sumber kaya pektin, yang membantu dalam menurunkan kolesterol oleh moderator baik penyerapan lemak dan gula. Lemon juga menyediakan jumlah vitamin C yang cukup banyak. Jika Anda secara teratur mengkonsumsi jus lemon, mungkin membantu untuk membakar 30 persen lebih lemak disertai dengan olahraga teratur.

3. Tomat
Salah satu nutrisi yang terkandung dalam tomat adalah 9-okso-oktadekadioneat, senyawa yang mampu mengartasi dislipidemia atau ketidaknormalan kadar lemak dalam darah. Kadar lemak yang tidak normal di dalam pembuluh darah merupakan faktor risiko serangan jantung. Tomat juga dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

4. Anggur ungu
Studi di Coronary Thrombosis Research Laboratory, University of Wisconsin Medical School menemukan bahwa anggur ungu dapat memperbaiki fungsi endotel pada 15 pasien dengan penyakit arteri koroner. Peningkatan tersebut berteori bahwa flavonoid dalam jus anggur ungu menghambat aktivitas platelet akibat kolesterol, yaitu zat di dalam darah yang membantu darah menggumpal, dapat berkontribusi bagi perkembangan serangan jantung dengan mengumpulkan pada plak arteri.




(mer/ir)
detikhealth

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar