Google

Memuat...

Selasa, 11 Agustus 2009

Kandungan gizi telur

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Telur merupakan makanan yang bergizi, 15 persen terdiri dari protein, 10 persen dari lemak, dan 1 persen dari garam mineral serta vitamin, sedangkan 74 persen air. Karena mengandung banyak protein maka makanan ini merupakan bahan pembentuk tubuh yang baik dan bergizi.

Cara Mengetes Kesegaran Telur
1. Telur yang segar permukaannya tampak seakan-akan kasar, sedangkan telur yang sudah mulai rusak tampaknya berkilat.
2. Telur yang masih segar akan terbenam dalam air garam, sedangkan telur yang sudah buruk akan melayang di dalam air garam tersebut.
3. Mengetes telur itu dalam ruangan yang gelap. Telur itu dipegang sedemikian sehingga ditimpa sinar yang terang. Kalau telur itu segar, maka bagian yang putihnya tampak jernih sedangkan sinar terang itu akan menembus bagian putih telur dengan kilau kemerah-merahan.

Aturan Memasak


1. Telur harus dimasak dengan hati-hati sekali karena mudah mengental apabila panasnya terlalu tinggi. Kalau telur sudah mengental apabila panasnya terlalu tinggi. Kalau telur sudah mengental sulit mencernakannya.
2. Metode apapun yang digunakan, telur harus dimasak di bawah titik didihnya, sehingga telur itu masak tetapi masih tetap mudah dicernakan. Sebaiknya dimasak perlahan-lahan dan dengan panas yang sedang saja.
3. Telur yang direbus matang harus segera dimasukkan dalam air mendidih begitu diangkat dari air perebusannya. Dengan demikian tak akan terbentuk lingkaran hitam kebiru-biruan di sekitar kuning telurnya.
4. Telur yang dimasak bersama dengan kulitnya sebaiknya direbus air yang dingin, kemudian direbus sesuai dengan jangka waktu yang dibutuhkan.

Penyimpanan
Simpanlah telur dalam keranjang yang terbuka ataupun baskom, di suatu tempat yang sejuk dari segala jenis makanan yang bau

http://pusat_kesehatan.blog.plasa.com

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar