Google

Memuat...

Kamis, 04 Agustus 2011

Badan Kekar Tidak Mudah Kena Diabetes

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.



AN Uyung Pramudiarja
Los Angeles, Olahraga berat seperti angkat beban memang melelahkan, tapi sebanding dengan manfaat ganda yang bisa didapatkan. Selain memperbaiki bentuk tubuh sehingga tampak lebih kekar, bonusnya adalah risiko untuk terkena diabetes berkurang.

Para peneliti dari University of California di Los Angeles mengungkap, badan kekar seperti binaragawan bisa mengurangi risiko resistensi insulin. Pada pengidap diabetes, resistensi insulin dapat memicu peningkatan kadar gula darah sehingga terjadi komplikasi.

Saat mengamati 13.600 pengunjung pusat kebugaran, para peneliti membuktikan bahwa risiko tersebut dipengaruhi oleh peningkatan massa otot. Setiap peningkatan sebesar 10 persen, risiko resistensi insulin turun 11 persen dan risiko pra-diabetes rutun 12 persen.

Seorang pakar kesehatan olahraga dari Old Dominion University, Sheri Colberg-Ochs,

PhD menjelaskan hubungan tersebut dengan menggambarkan bagaimana gula diproses di otot. Saat berolahraga, otot mengambil gula dalam bentuk glukosa untuk diolah sebagai sumber tenaga.

Hasil olahan glukosa yang kemudian disimpan di otot adalah senyawa baru yang disebut glikogen. Jika massa otot semakin besar, ruangan untuk menyimpan glikogen makin banyak sehingga gula yang diolah bisa lebih banyak dan inbi bisa mengurangi kadar gula darah.

Sebaliknya jika massa otot sedikit, glukosa tidak akan diolah menjadi glikogen karena ruang penyimpanannya terbatas. Akibatnya kelebihan glukosa akan disimpan sebagai lemak, yang jika menumpuk lama-kelamaan dapat memicu resistensi atau gangguan fungsi insulin.

Menurut Colberg-Ochs, olahraga yang paling efektif meningkatkan massa otot adalah olahraga yang melibatkan serabut otot sebanyak mungkin dalam satu gerakan. Seperti dikutip dari MensHealth.com, Jumat (5/8/2011), contohnya adalah push up atau angkat beban dengan 8-12 kali pengulangan tiap set.

(up/ir)

detikhealth.com

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar