Google

Memuat...

Jumat, 21 Agustus 2009

Kulit kering karena sering mandi

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Setiap orang harus mandi untuk membersihkan kulitnya dari debu-debu yang menempel serta untuk mengangkat sel kulit mati. Tapi ingat jangan terlalu sering mandi karena justru bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

Bukan berarti orang diharuskan untuk jarang mandi, karena jika jarang mandi juga tidak bagus untuk tubuh. Selain bisa menimbulkan bau, juga bisa mengundang tumbuhnya bakteri dan membuat tubuh menjadi kotor. Namun jika terlalu sering mandi bisa membuat lapisan kulit alami tubuh akan terkikis, sehingga tubuh akan menjadi kering dan tidak ada lagi lapisan yang bisa melindungi kulit.

Banyak ragam jenis penyakit kulit dan salah satunya jika keadaannya cukup serius disebut dengan ichthyosis vulgaris. Kondisi ini berkembang ketika sel kulit gagal untuk merontokkan dan membentuk yang lebih tebal, keadaan ini biasanya disebut dengan penyakit skala ikan. Hal ini bisa diwariskan atau mungkin terjadi akibat dari kondisi pengobatan seperti AIDS atau hypothyroidism, yang bisa membuat kulit seseorang menjadi jelek, seperti dikutip dari Health24, Jumat (21/8/2009).

Ada beberapa hal yang paling sering menjadi penyebab kulit kering selain keseringan mandi yaitu:



1. Cuaca, umumnya terjadi saat musim dingin karena memiliki kelembaban yang rendah. Selain itu angin dan panas yang terlalu ekstrim juga bisa membuat kulit dehidrasi yang menyebabkan menjadi kering.
2. Sabun yang keras, pelembab yang berparfum dan deterjen bisa membuat kulit kering.
3. Pendingin dan penghangat ruangan.
4. Perubahan metabolisme yang bisa terjadi karena faktor usia atau akibat dari kondisi pengobatan tertentu.


Gejala yang ditimbulkan biasanya tergantung dari umur, kesehatannya, faktor lingkungan apa yang mempengaruhinya dan penyebab utamanya. Namun, biasanya ditandai dengan kulit yang kasar dan tidak nyaman serta kadang timbul kemerahan.

Masalah kulit kering ini bisa dicegah atau diobati jika belum terlalu parah, ikutilah langkah berikut ini:

1. Jangan terlalu sering mandi dalam satu hari, cucilah muka satu kali sehari.
2. Jangan menggunakan sabun yang keras, sabun yang mengandung pelembab paling baik digunakan. Hindari produk yang mengandung alkalin tinggi atau mengandung alkohol.
3. Gunakan air yang hangat bukan yang panas.
4. Aplikasikan minyak atau pelembab untuk mandi pada kulit, pelembab yang sudah mengandung minyak lebih efektif.
5. Gunakan pelembab udara jika udara sedang kering.
6. Konsumsilah air yang cukup setiap harinya.
7. Gunakan pelembab dengan minimal SPF 15 untuk menjaga kelembaban kulit.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut dan menghindari segala pemicu yang bisa menimbulkanya, maka kulit kering bukan lagi menjadi masalah bagi Anda. Dan ingat jangan terlalu sering mandi dalam sehari, mandilah sewajarnya sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari serta gunakan sabun yang mengandung pelembab.


Detik.com


.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar