Google

Memuat...

Sabtu, 06 Agustus 2011

6 Gerakan Ringan Agar Selalu Fit di Kantor

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.


Hestianingsih
Terlalu lama diam dan duduk di depan meja kerja, kadang bisa membuat badan kurang fit. Apalagi bila Anda sedang menjalankan ibadah puasa, akan timbul rasa lemas dan menyebabkan Anda malas bergerak.

Tapi jangan biarkan rasa malas mencegah Anda untuk tetap fit di kantor. Anda bisa beraktivitas fisik selama di kantor, dengan latihan dan gerakan-gerakan ringan. Ini dia caranya, seperti dikutip dari Aol.

1. Adu Panco
Tantanglah teman kantor Anda untuk bertanding adu panco. Permainan adu panco bisa menguatkan otot-otot tangan. Agar lebih menarik, siapa yang kalah, harus mentraktir makan buka puasa atau nonton film setelah pulang kerja. Anda bisa melakukan kegiatan ini tiga kali seminggu.

2. Angkat Beban
Latihan angkat beban tidak hanya bisa dilakukan di gym atau rumah. Anda bisa melakukan angkat beban ringan di kantor. Simpanlah barbel dengan beban 2,5 kg, lalu gerakkan tangan Anda naik-turun sambil memegang barbel saat istirahat, atau bisa sambil berbicara di telepon.

3. Tinggalkan Meja Kerja Beberapa Waktu


Sebuah penelitian menunjukkan, duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko terkena penyakit yang serius hingga 40%. Bangunlah dari meja kerja Anda, luangkan waktu untuk berjalan-jalan, sit-up, melompat-lompat atau press-up jika sempat. Lakukan selama 10 hingga 15 menit, tubuh pun akan terasa segar kembali.

4. Lenturkan Tangan
Menggunakan komputer dalam waktu lama setiap hari bisa menyebabkan carpall syndrom (nyeri pada pergelangan tangan, kesemutan, atau kebas pada jari-jari tangan) bahkan sakit punggung. Untuk mencegahnya, lenturkan tangan dan lengan secara teratur, terutama di sela-sela jam kerja.

5. Jangan Selalu Gunakan Chat Online
Fasilitas chat online atau email di kantor memang memudahkan karyawan untuk berkomunikasi membahas pekerjaan satu sama lain. Tapi sebaiknya jangan selalu mengandalkan fasilitas tersebut, karena akan membuat Anda malas bergerak dan terpaku pada kursi serta layar komputer. Biasakan berbicara secara langsung, dengan menghampiri rekan kerja Anda ke mejanya. Selain memberi ruang bagi tubuh untuk bergerak, juga membuat suasana kantor lebih bersahabat.

6. Dengarkan Musik
Pekerjaan kantor terkadang bisa sangat membosankan. Nah, saat rasa jenuh mendera, pasanglah musik favorit dan bergoyanglah mengikuti iramanya. Tidak perlu malu menjadi perhatian teman-teman kantor Anda. Selama tidak menimbulkan keributan dan kebisingan yang berarti, tidak akan ada masalah. Kecuali bila Anda bekerja sebagai pialang saham, teller atau customer service.


(hst/hst)
wolipop.com

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar