Google

Memuat...

Senin, 17 Agustus 2009

Jamur Kombucha

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Kombucha adalah jamur teh yang berasal dari Asia Timur dan tersebar ke Jerman melalui Rusia sekitar pergantian abad ke-20. Penyembuh berbagai macam penyakit ini semakin banyak digunakan di rumah tangga di pelbagai negara di Asia.

Jamur kombucha merupakan membran jaringan-jamur yang bersifat gelatinoid dan liat, serta berbentuk piringan datar. Kombucha hidup dalam larutan nustrisi teh-gula yang tumbuh dengan cara germinasi. Pada mulanya, piringan jamur tumbuh meluas pada permukaan teh lalu menebal. Bila dirawat secara benar, jamur ini akan tumbuh pesat dan sehat, sehingga akan hidup sepanjang umur pemilik serta keturunannya.

Kombucha tea (teh kombucha) merupakan produk minuman tradisional hasil fermentasi

larutan teh dan gula dengan menggunakan starter mikroba kombucha (Acetobacter xylinum dan beberapa jenis khamir) dan di fermentasi selama 8-12 hari. kombucha adalah suatu ramuan minuman kuno, yang merupakan hasil dari simbiosis murni dari bakteri dan ragi kombucha yang berasal dari Asia Timur, dan sampai di Jerman melalui Russia sekitar akhir abad lalu. Kombucha berfungsi sebagai penyembuh terhadap berbagai macam penyakit ini telah di gunakan berulang kali dirumah tangga diberbagai negara Asia. Jamur tersebut terdiri dari gelatinoid serta membrane jamur yang liat dan berbentuk piringan bulat serta hidup dalam lingkungan nustrisi teh-manis yang akan tumbuh secara berulang sehingga membentuk susunan piringan berlapis. Piringan pertama akan tumbuh pada lapisan paling atas yang akan memenuhi lapisan, kemudian disusul oleh pertumbuhan piringan berlapis-lapis dibawahnya yang akan menebal. Bila dirawat secara benar, jamur ini akan tumbuh pesat dan sehat.

Selama proses fermentasi dan oksidasi berlangsung, terjadi bermacam-macam reaksi pada larutan teh-manis secara asimilatif dan disimilatif. Jamur teh memakan gula, dan sebagai gantinya memproduksi zat-zat bermanfaat yang dalam minuman tersebut, seperti asam glukuronat, asam laktat, vitamin, asam amino, antibiotik, serta zat-zat lain. Maka dari itu, jamur kombucha ini bagaikan sebuah pabrik biokimia mini.


http://id.wikipedia.org

cara membuat
manfaat jemur komucha

.::Artikel Menarik Lainnya::.

3 komentar:

  1. Your style is really unique in comparison to other folks I have read stuff from.

    I appreciate you for posting when you've got the opportunity, Guess I will just book mark this page.

    Feel free to surf to my web blog - http://www.fotoonlineskolan.se/skolan/blog/index.php?postid=24195

    BalasHapus
  2. I'm truly enjoying the design and layout of your blog. It's a very
    easy on the eyes which makes it much more
    pleasant for me to come here and visit more often. Did you
    hire out a designer to create your theme? Great work!

    Also visit my webpage: Adorna

    BalasHapus
  3. Hey would you mind letting me know which web host you're using? I've loaded your
    blog in 3 different browsers and I must say this blog
    loads a lot faster then most. Can you suggest a good internet hosting provider at
    a honest price? Many thanks, I appreciate it!


    Also visit my page - Natural Cleanse Review

    BalasHapus