Google

Memuat...

Selasa, 19 Juli 2011

6 Cara Mudah Kurangi Kelebihan Kalori

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Dalam menjalankan diet, terkadang kita hanya memperhatikan makanan apa saja yang boleh/tidak dikonsumsi atau jumlah kalori yang masuk. Padahal, banyak hal kecil yang bila dilakukan secara teratur, bisa membantu proses penurunan berat badan lebih cepat.

Misalnya saja, mengganti bahan olesan roti, memilih minyak zaitun atau cara merebus sayuran. Dikutip dari Women's Health, enam trik kecil ini bisa membawa perubahan besar untuk kesehatan dan bentuk tubuh ideal Anda. Melakukannya juga tidak sulit.

1. Buat Green Sandwich
Olesan mentega, mayonaise atau selai buah memang membuat roti tawar terasa lebih nikmat. Tapi bahan olesan tersebut mengandung kalori, lemak serta gula yang tinggi. Gantilah olesan roti Anda dengan bahan yang lebih sehat, misalnya alpukat yang sudah matang. Ambil daging alpukat dengan sendok atau pisau, lalu oleskan di atas roti.

Buah dengan rasa yang lezat ini kaya akan asam lemak tak jenuh yang membantu turunkan kolesterol. Selain itu, menurut penelitian di Ohio State University, kandungan phytochemicals dalam alpukat bisa mencegah kanker mulut. Anda bisa menambahkan isi sandwich dengan tomat segar, ketimun dan telur mata sapi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat sarapan.

2. Gunakan Minyak Zaitun Murni
Minyak zaitun memiliki berbagai macam nutrisi yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh, dengan catatan, jika minyak yang digunakan murni. Saat ini banyak dijual minyak

zaitun yang telah diberi beberapa campuran bahan, sehingga manfaatnya tak lagi esensial. Menurut Elena Paravantes, ahli diet dari Hellenic Dietetic Association di Yunani, minyak zaitun murni memiliki anti-oksidan yang membantu melawan kanker.

Saat membeli minyak zaitun, pilihlah yang bertuliskan 'virgin olive oil' di label kemasannya. Jika masih belum yakin keasliannya, hirup dan cicipi sedikit. Minyak zaitun murni memiliki rasa agak pedas, fruity, agak pahit dan meninggalkan sedikit sensasi 'menggigit' di tenggorokan. Campurkan minyak zaitun pada salad, saus pasta atau sebagai minyak untuk menumis.

3. Minum 2 Gelas Air Sebelum Makan
Daripada memakan chicken wings, sup kirm ayam atau spring roll, kenapa tidak mengonsumsi air putih sebagai appetizer? Minumlah dua gelas air putih sebelum Anda makan. Cara ini akan membuat tubuh tetap terhidrasi dan mengurangi rasa lapar. Dengan begitu, Anda akan belajar mengontrol asupan makan dan mengurangi berat badan.

4. Minum Teh
Teh hitam kaya akan flavonoid (anti-oksidan) yang berkhasiat mempertahankan daya tahan tubuh untuk melawan penyakit jantung, kanker dan memperlambat timbulnya keriput pada kulit. Teh hitam juga membantu menghilangkan kalori berlebih jika diminum secara teratur. Konsumsilah teh hitam tanpa gula minimal tiga cangkir sehari.

5. Penuhi Piring dengan Sayuran
Saat Anda menghadiri pesta, biasanya akan tersaji buffet makanan. Penuhilah setengah piring Anda dengan sayuran, dan sisanya lagi sedikit nasi dan lauk (ayam atau ikan). Dengan begitu, Anda akan mengurangi asupan karbohidrat berlebih dan di saat yang sama, mendapat manfaat dari serat. Serat membantu mempercepat rasa kenyang dan menghindari Anda menambah makan.

6. Merebus Brokoli dengan Tepat
Brokoli kaya akan nutrisi seperti serat, mineral dan anti-oksidan. Tapi kandungan nutrisinya bisa hilang jika terlalu lama dimasak. Cara paling tepat untuk memasak brokoli adalah dengan merebusnya tak lebih dari 3 menit. Jika punya microwave, tempatkan brokoli dalam wadah tertutup, masukkan dalam microwave, lalu masak selama 3-4 menit.


wolipop.com

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar