Google

Memuat...

Minggu, 02 Agustus 2009

Nao-Paro, Robot Penyembuh Alzheimer dan Autis

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.




Valencia, Spanyol - Campus Party adalah acara teknologi tahunan di sejumlah region di Spanyol yang disebut-sebut sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Dan tahun ini, sejumlah robot 'penyembuh' beraksi dan menarik minat pengunjung yang datang.

Salah satu dari robot-robot unit itu adalah Nao. Dengan tinggi 58 cm dan tubuh berbalut plastik, dengan lihainya ia bisa menari mengikuti irama hit Billie Jean milik Michael Jackson.

Namun, ini hanya salah satu keahliannya. Ternyata di luar itu, ia bisa membantu para penyandang Alzheimer. Hal ini dilakukan Nao dengan cara pelatihan ingatan yang memicu atau menstimulasi para penderita untuk kembali ke ingatan normal mereka.

Nao akan dijual dengan kisaran harga US$ 4.200 hingga US$ 4.900. Selain Nao, ada juga Paro. Dikutip detikINET dari AFP, Senin (3/8/2009), robot dari Jepang yang

berbentuk seperti anak anjing laut ini diciptakan untuk membantu orang-orang yang mengalami masalah kognitif, seperti Autis atau Dementia.

Untuk penderita dementia, Paro bekerja dengan cara menenangkan dan mengubah mood mereka yang kehilangan ingatan, mengalami gangguan kejiwaan atau semacam halusinasi dan perubahan kepribadian.

Nah, sedangkan bagi penyandang Autis, Paro bisa membantu mereka belajar untuk bisa berinteraksi dengan lebih baik terhadap lingkungannya. Sayang, hingga saat ini Paro hanya bisa didapatkan di Jepang dan beberapa negara Eropa saja.

Selain Paro dan Nao, masih ada sederet penemuan teknologi dan robot-robot lain yang berlomba menunjukkan aksi mereka di acara yang berdiri pertama kali di Spanyol pada tahun 1997. Pihak penyelenggara berharap, akan ada 6.000 pengunjung yang datang di tahun ini.
( afz / ash )

detikinet


.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar