Google

Memuat...

Senin, 10 Agustus 2009

Benarkah Minum Air Putih Sebelum Makan Mencegah Lapar?

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Selama ini masyarakat sangat percaya bahwa dengan mengkonsumsi segelas air putih sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan sehingga orang akan makan sedikit yang tidak akan membuat gemuk. Tapi benarkah hal tersebut?

Meminum air putih sebelum atau selama orang makan merupakan kebiasaan yang baik. Tapi hal ini tidak berarti bisa menggantikan rasa lapar atau membantu mengurangi makanan untuk mengontrol berat badan.

"Kami tidak yakin bahwa ide untuk meminum air sebelum atau selama makan bisa mencegah rasa lapar tapi hal ini

sangat populer dan sampai saat ini masih banyak orang yang percaya hal tersebut," ujar Dr. Barbara Rolls yang bertanggung jawab di Penn State's Guthrie Chair in Nutrition, seperti dikutip dari Bio-medicine, Selasa (11/8/2009).

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Barbara Rolls, menunjukkan bahwa meminum air sebelum atau selama makan bukanlah metode yang efektif untuk mengurangi kalori. Tapi untuk mengurangi asupan kalori sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak air bukan cuma minum air.

Rolls dan timnya memberikan bukti bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak air, lalu ditambah dengan sayuran, sup dan buah-buahan bisa mengurangi asupan kalori dan akan merasa kenyang serta tidak akan kelaparan.

Penelitian ini untuk menguji efek dari meminum air terhadap makanan yang dikonsumsi. Penelitian ini melibatkan 24 wanita yang akan dikontrol sarapan, makan siang dan makan malamnya selama 4 minggu. Kelompok wanita tersebut dibagi menjadi dua bagian, satu kelompok diberikan air putih dan kelompok lainnya diberikan sup ayam. Ternyata dihasilkan bahwa sup ayam lebih efektif untuk mengurangi kalori, dan tubuh tetap mendapatkan nutrisi dibandingkan dengan hanya mengkonsumsi segelas air.

Sebaiknya mengkonsumsi segelas air putih 30 menit sebelum makan dan setelah bangun tidur, karena berguna untuk menghilangkan racun-racun yang terdapat dalam tubuh. Selain itu, setelah 30 menit tubuh akan siap untuk menerima asupan makanan.

Minuman yang harus dihindarkan ketika sedang makan adalah minuman yang dingin, minuman hangat atau teh hangat dan menghindari susu. Sedangkan jika minum berlebihan sambil makan akan mengencerkan asam perut dan enzim pencernaan sehingga menjadi kurang efektif dalam memecahkan makanan.

Mengurangi penggunaan garam dan bumbu yang berlebihan dalam makanan akan mengurangi konsumsi air putih selama makan. Jadi, jika ingin mengurangi asupan kalori yang masuk saat makan sebaiknya tidak mengkonsumsi air putih berlebihan tapi diganti dengan makanan yang mengandung banyak air.

detik.com

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar