Senin, 03 Agustus 2009

Udang kaya protein dan rendah kalori

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.




Berbagai macam jenis kerang-kerangan (kerang, tiram, remis, kijing) dan udang-udangan (udang, lobster, rajungan, kepiting) adalah binatang yang hidup di perairan darat (tawar) dan laut (asin). Keduanya sama-sama biasa ditangkap dan khusus udang sudah diternakkan sebagai bahan makanan bernutrisi tinggi.

Udang telah diolah menjadi bahan berbagai masakan lezat dan gurih. Bahkan jenis udang besar juga sudah sering digunakan untuk menggantikan lobster yang sama-sama bangsa crustacea. Namun tentunya penyajian berbagai jenis masakan udang juga berpengaruh terhadap kandungan nutrisinya. Seperti halnya seafood lainnya, udang kaya akan kalsium dan protein. Jadi udang termasuk dalam sumber protein hewani.

Kandungan Nutrisi Udang
Nilai proteinnya dikategorikan complete protein karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap dan sekitar 85-95 persennya mudah dicerna tubuh. 100 gr udang mentah mengandung 20,3 gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %. Profil asam amino udang (per 100 gr) berturut-turut yang termasuk tinggi adalah asam gulamat (3465 mg), asam aspartat (2100 mg), arginine (1775 mg), lysine (1768 mg), leucine (1612 mg), glycine (1225 mg), isoleucine (985 mg), dan valine (956 mg). Artinya, udang sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan protein untuk membentuk otot.

Kalori energi udang yang sangat rendah (hanya 106 kalori per 100 gr udang) menjadikannya salah satu makanan diet yang sangat baik. Udang juga hanya mengandung sedikit asam lemak jenuh. Bahkan seperti halnya makanan laut lain, kadar asam lemak

sehat pada udang justru sangat tinggi yaitu Omega-3 dan Omega-6 masing-masing mencapai 540 mg dan 28 mg per 100 gr udang segar.

Memang kandungan kolsterol udang cukup tinggi yaitu 152 mg per 100 gr udang segar. Namun hampir sama halnya seperti tuna dan makanan laut lain, segala manfaat nutrisi udang akan mengalahkan efek-efek negatifnya. Asam lemak esensial yang dikandung udang mampu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) serta menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida dalam darah sehingga baik bagi kesehatan kardiovaskular.

Berbagai vitamin baik jenis larut air dan lemak juga sangat tinggi pada udang sehingga sangat baik dikonsumsi. Kandungannya yang tertinggi berturut-turut sesuai dengan persentase kebutuhan harian (daily value) adalah vitamin D (38%), vitamin B12 (19%), Niacin (13%), vitamin E (5%), vitamin B6 (5%), vitamin A (4%), vitamin C (3%), dan lain-lain.

Udang juga mengandung berbagai mineral yang penting bagi tubuh. Seperti yang sudah diketahui, mineral dari bahan makanan laut lebih mudah diserap tubuh dibandingkan yang berasal dari kacang-kacangan dan serealia. Mineral selenium dalam 100 gr udang segar cukup untuk memenuhi 54% kebutuhan harian, disusul fosfor (20%), besi dan tembaga (masing-masing 13%), magnesium (9%), zinc (7%), sodium (6%), potassium dan kalsium (masing-masing 5%), serta berbagai mineral penting lainnya.

Manfaat Konsumsi Udang
Melihat berbagai jenis nutrisi yang dikandung udang pada penjelasan diatas maka tidaklah berlebihan jika beberapa manfaatnya adalah :
• Menjaga kesehatan kardiovaskular (jantung) karena kandungan asam lemak esensialnya akan menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penggumpalan kepingan darah atau ateroskeloris
• Memenuhi kebutuhan protein dengan asam amino berprofil lengkap yang mudah diserap tubuh
• Sangat cocok untuk menu diet karena kalori energinya yang rendah
• Memaksimalkan berbagai fungsi organ-organ vital tubuh karena berbagai kandungan vitaminnya
• Sebagai antioksidan yang mampu menjaga kesehatan fungsi kekebalan tubuh, anti radikal bebas penyebab 50 macam penyakit degeneratif dan membantu produksi antibodi dengan kandungan selenium yang sangat tinggi
• Membantu bekerjanya lebih dari 70 macam enzim, hormon, dan proses biosintesa dalam tubuh lainnya dengan kandungan zinc-nya.
• Sangat vital untuk kecerdasan dan pertumbuhan anak dengan tingginya vitamin D, B12 dan Omega 3
• Mencegah penyakit darah rendah (anemia) dan berperan dalam pembentukan sel darah merah karena kandungan besi dan zinc-nya yang tinggi
• Menjaga kesehatan mata dengen kandungan vitamin A
• Menjaga kesehatan kulit dan mencegah penyakit pellagra (kulit burik dan bersisik) dengan kandungan vitamin E (alpha tocopherol) dan niasin yang tinggi
• Menjaga kesehatan tulang, gigi dan sendi dengan kandungan vitamin D, kalsium dan potassium yang tinggi
Alergi Udang dan Makanan Laut
Bagi Anda yang mengidap alergi terhadap makanan laut sebaiknya membatasi mengkonsumsi udang. Apabila susah dihindari maka Anda dapat mengkonsumsi obat-obatan anti-alergi yang aman dikonsumsi atau mengkonsumsi kombinasi steroid dan anti-alergi. Selain itu dapat juga diperlukan obat-obatan luar berbentuk krim untuk kulit yang terkena reaksi alergi. Untuk alergi yang fatal dapat digunakan Epipen. Sedangkan untuk pencegahan dapat digunakan Benadryl cepat larut yang akan mengurangi efek dan gejala alergi makanan laut. Seagai catatan, alergi makanan laut dapat menimpa meski hanya mencium bau masakan laut atau berada di sekitar orang yang mengkonsumsinya.

Sportindo.com



.::Artikel Menarik Lainnya::.

7 komentar:

  1. Yesterday, ωhile I was at work, my cousin stole my іphone and tеsted
    to see if it сan survive a 40 fοot ԁrop, ϳuѕt ѕо ѕhe cаn be a youtube senѕatiοn.
    My iPad іѕ now destгoyеԁ and shе hаs 83 vіeωs.

    I knoω this iѕ totally οff topic but
    I haԁ tο sharе it wіth sоmeοne!


    My homepage Click On this site
    My site: Home Page

    BalasHapus
  2. Hi there, after reading this remarκable paragrаph
    i am also glаd to share mу know-how heгe with
    mates.

    Reνiew my page ... http://www.Prweb.Com

    BalasHapus
  3. What's up, the whole thing is going perfectly here and ofcourse every one is sharing data, that's really
    excellent, keep up ωriting.

    Also visіt my ωеb-sіte; V2 Cigs Review
    Also see my web site > uengine.org

    BalasHapus
  4. Goοd day! Do yоu know if they makе any pluginѕ tο assist wіth SЕO?
    I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm nоt seеing veгy gooԁ gаinѕ.

    Ιf you knoω of anу pleаse shаre.
    Many thanκs!

    mу ρagе: V2 cigs reviews

    BalasHapus
  5. Some grеаt recommenԁations
    on keеping yоur bаttery in an oрtimum cοndіtion.
    Theѕe types of ρoints will give yοu more life οf the bаttery аnԁ ѕаve а little mоney in thе lоng run!


    Alѕο visit my blog Green Smoke Coupons

    BalasHapus
  6. Thіs blog waѕ... how do I ѕаy it?
    Rеlеvant!! Finаlly ӏ've found something which helped me. Many thanks!

    Also visit my webpage :: Silk'N Reviews

    BalasHapus
  7. οf course lіke your web-site but yοu have to tеst
    the spelling on seѵeral of your posts. Many of them аre rife wіth
    spеlling issues and I tο find it vеry troublеsοme to inform the tгuth on the other hand I will surеly cοmе аgain agaіn.



    Look at my wеb sіte; Http://Www.Sfgate.Com/Business/Prweb/Article/V2-Cigs-Review-Authentic-Smoking-Experience-Or-4075176.Php

    BalasHapus