Google

Memuat...

Sabtu, 01 Agustus 2009

Mengatasi lalat di rumah

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Lalat adalah jenis serangga yang akrab ditemukan di rumah dan kerap kali menjengkelkan. Hewan yang satu ini bisa dibilang tak takut manusia. Buktinya, sering kali mereka hinggap di hidung, pipi, atau anggota tubuh lainnya.

Meski menjengkelkan, mengusir atau mengatasi gangguan lalat sebenarnya tidak begitu sulit. Anda bahkan tak perlu repot menyemprotkan racun anti-serangga. Namun, hanya cukup dengan cara pembersihan rutin dan menemukan sumber makanan sehingga dapat mengusir mereka dari rumah.

Lalat adalah hewan yang menyukai makanan manis, sayuran, dan buah-buah segar, khususnya yang sudah terlalu matang. Ini disebabkan, proses fermentasi menarik perhatian mereka.

Jika mereka masuk ke dalam rumah, lalat akan menemukan sumber makanan dan tempat yang ideal untuk bertelur. Jika Anda ingin secara efektif mengusir lalat, Anda sebenarnya cukup menemukan sumber makanan mereka dan memindahkan atau membuangnya segera.

Di bawah ini adalah sejumlah tips jitu untuk mencegah dan mengatasi kehadiran lalat di rumah, terutama ruang makan atau dapur.

* Cucilah counter atau permukaan meja dapur setiap hari dengan sabun dan air. Bersihkan sisa-sisa saus atau remah-remah dengan segera.

* Pastikan tempat cuci piring dan saluran airnya selalu dalam keadaan bersih. Jika kotor, sisa remah atau residu dapat menarik perhatian lalat. Jika Anda pikir tempat cuci piring di dapur menjadi tempat mereka berkumpul, siramlah salurannya dengan air setiap hari.



* Pastikan seluruh piring makan tercuci dengan bersih dan jangan meninggalkan piring kotor. Jika memang tidak ada sisa-sisa makanan di meja makan atau dapur, periksalah piring-piring kotor, biji, atau kulit buah-buahan yang mungkin tercecer di ruangan lain. Bisa saja ada yang tercecer di bawah kursi atau furnitur.

* Jangan meninggalkan botol-botol minuman, kaleng, dan gelas yang terisi jus, soda, anggur, liquor atau bir karena ini akan menarik perhatian lalat.

* Saat cuaca panas, ikat dan pindahkan kantong sampah dari dapur setiap hari. Kotoran dan sampah dapur akan berubah dengan cepat dan akan menarik perhatian lalat. Pastikan tempat sampah tertutup rapat untuk menghindari kedatangan lalat.

* Jangan lupa untuk membersihkan seluruh kaleng dan botol sebelum menempatkannya di kantong daur ulang.

* Tempatkan makanan dan buah-buahan dengan terbungkus plastik rapat atau simpan di lemari es (khususnya untuk buah yang cepat busuk karena jenis makanan ini seperti magnet bagi serangga kecil). Lalat sangat senang untuk menempatkan telur-telurnya pada makanan ini.

* Jagalah selalu pantry Anda, kentang atau bawang yang tersimpan dalam kantong-kantong akan berubah cepat dalam suhu yang panas dan akan menarik perhatian lalat.


.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar