Google

Memuat...

Selasa, 04 Agustus 2009

Masa subur wanita

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Masa subur adalah dimana sel telur yang siap untuk dibuahi.

Sebagai seorang pria yang bertanggung jawab kita harus mengetahui masa subur wanita.Mengapa kita harus tahu? Soalnya jika anda suami ingin melakukan seks dengan wanita yang menjadi istri. Anda bisa menentukan apakah ingin punya anak.

Logikanya jika anda belum siap punya anak, memang lebih baik menghindari masa subur pada wanita.

Perlu anda ketahui Masa subur wanita berkaitan erat dengan menstruasi dan siklus menstruasi. Apa saja kaitannya lihat artikel di bawah ini :

Menstruasi adalah pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan (sebagai saran banyak-banyaklah memuji wanita saat sedang pada masa ini, karena mereka gampang marah). Terjadi secara berulang setiap bulan dan disebut siklus menstruasi.Sebuah Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid sampai bulan berikutnya. Siklus menstruasi berkisar antara 21-40.

Walaupun begitu,

Pada awalnya, siklus menstruasi mungkin tidak teratur dan ini bukan masalah wanita. Jarak antara dua siklus bisa berlangsung selama 2 bulan atau dalam 1 bulan mungkin terjadi 2 siklus. Hal ini adalah normal, setelah beberapa lama siklus akan kembali teratur.

Untuk menghitung siklus menstruasi bisa dilakukan dengan membuat catatan pada

kalender.

Silanglah saat hari pertama haid kemudian hitung sampai haid berikutnya. Lakukan terus sampai anda menemukan pola.

Dengan ini anda (wanita) bisa menentukan menentukan kapan masa subur dan ovulasi terjadi.

Setelah hari ke-5 dari siklus menstruasi, endometrium mulai tumbuh dan menebal sebagai persiapan terhadap kemungkinan terjadinya kehamilan pada wanita(mulainya masa subur).

Sekitar hari ke-14, terjadi pelepasan telur dari ovarium (ovulasi) . Sel telur ini masuk dalam salah satu saluran falopian dan jika pada saat ini terdapat sperma yang masuk maka terjadilah pembuahan. Jika terjadi pembuahan sel telur yang telah dibuahi tersebut akan masuk kedalam rahim dan mulai tumbuh menjadi janin.

Pada sekitar hari ke-28, jika tidak terjadi pembuahan, maka endometrium akan meluruh dan terjadilah siklus menstruasi berikutnya, Menstruasi bisa berlangsung selama 3-5 hari, kadang hingga 7 hari. Proses pertumbuhan dan penebalan endometrium kemudian dimulai lagi pada siklus berikutnya.

wanita.topsolusi.com


.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar