Google

Memuat...

Minggu, 06 Desember 2009

Senam Yopytta Bantu Ibu Hamil Lebih Tenang

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Senam untuk ibu hamil sangat bagus membantu proses melahirkan. Kini telah diciptakan senam Yopytta yang dapat membantu ibu hamil tetap bugar, tenang dan nyaman.

Senam yopitta merupakan gabungan antara Yoga, Pilates, Hypnoteraphy dan Tai Chi sehingga disingkat Yopytta dengan harapan jika gerakan-gerakan tersebut dilakukan dengan benar dapat membuat ibu hamil menjadi tetap bugar, tenang dan nyaman. Senam ini bisa dilakukan sejak usia awal kehamilan hingga menjelang proses melahirkan.

"Senam ini sebagai relaksasi bagi ibu hamil untuk melepaskan stres dan ketegangan. Gerakan-gerakan yang dilakukan lembut dan lentur serta menggunakan teknik pernapasan sehingga mengurangi rasa sakit saat proses melahirkan," ujar Putu Arsaningsih, Amd, SE dalam acara ”Kiat Mendapatkan si Kecil yang Sehat dan Cerdas serta Senam Hamil Yopytta Materna” di Gran Melia Jakarta, Sabtu (5/12/2009).

Arsaningsih mengungkapkan rasa sakit yang timbul saat proses melahirkan akibat tegang dan tekanan psikis yang menyebabkan kontraksi otot. Apa yang dipikirkan oleh ibu hamil itulah yang terjadi, sehingga ibu hamil harus melatih pikiran-pikiran yang tenang dan nyaman agar saat melahirkan tidak terlalu sakit.

Selain itu, apapun yang dipikirkan oleh ibu hamil pastinya akan dirasakan juga oleh

sang janin. Karenanya jika ibu hamil merasakan stres atau tertekan, hal tersebut sudah terekam di janin sejak dalam kandungan yang dapat membentuk watak atau karakter dari si anak nantinya.

"Ibu hamil yang stres ini biasanya karena sering mendengar cerita yang menyeramkan mengenai proses kehamilan dari orang lain, tidak bisa menerima kalau dirinya hamil yang merasa bisa menghambat segala aktivitasnya dan belum bisa menerima kodratnya sebagai perempuan yang bisa hamil," ujar pencetus senam Yopytta ini.

Senam yang cuma ada di Indonesia ini baru ada sejak 1 tahun belakangan ini. Senam ini dilakukan selama 1 jam sampai 1,5 jam. Gerakan-gerakan yang dilakukan oleh ibu hamil ini merupakan gabungan antara fisik, mental dan spiritual yang bisa memberikan ketenangan melalui pernapasan dalam dan menciptakan pikiran-pikiran positif.

Ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh ibu hamil saat melakukan senam Yopytta, yaitu:

1. Proses pemurnian diri. Ibu hamil cenderung lebih emosi dan stres, karenanya sebelum melakukan senam sebaiknya menghilangkan dan mengeluarkan stres yang ada dalam tubuh. Caranya dengan mencoba untuk memaafkan dan meminta maaf sehingga bisa menghilangkan segala hal yang buruk dalam dirinya.

2. Memasukkan pernyataan positif dalam dirinya. Tubuh dan pikiran bisa menunjang kehamilan dengan baik. Masukkan segala macam pikiran positif mengenai proses persalinan yang mudah, sehingga ibu hamil tidak lagi memikirkan hal menyeramkan mengenai proses kelahiran.

3. Melakukan gerakan fisik (exercise). Dalam hal ini ibu hamil diajarkan bagaimana cara duduk, berdiri dan berbaring yang benar dalam kesehariannya. Karena banyak gerakan-gerakan tersebut yang salah dilakukan oleh ibu hamil sehingga seringkali menyebabkan pegal atau nyeri yang bisa lebih menyiksa ibu hamil.

"Memang tidak semua ibu hamil bisa melakukan senam hamil, sebaiknya ibu hamil trimester pertama yang banyak muntah atau ada posisi yang salah dalam janinnya tidak melakukan senam hamil terlebih dahulu," ujar trainer yang berpraktik di Rumah Bersalin Anugerah di Bali.

Saat ini senam Yopytta bisa dilakukan di beberapa rumah sakit seperti semua RSIA Hermina di Jabodetabek, RS Pantai Indak Kapuk, RS Puri Indah, RS Pondok Indah, MMC dan RS HCOS di Surabaya.

Bagi Anda yang saat ini hamil, tidak ada salahnya untuk melakukan senam Yopytta, karena dapat memperkuat elastisitas otot dasar panggul dan dinding perut yang membantu proses persalinan, meningkatkan rasa percaya diri ibu hamil serta meningkatkan ikatan antara ibu dan bayi yang dikandungnya sehingga bisa membuat ibu selalu merasa bahagia.

(ver/ir)

detikhealth.com


.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar