Google

Memuat...

Sabtu, 01 Agustus 2009

Makanan yang tidak boleh di simpan di freezer

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Demi penghematan, agar bahan makanan tahan lebih lama, banyak orang menyimpan makanan di freezer lemari pendingin. Tak jarang pula temperatur lemari pendingin dibuat setinggi mungkin. Padahal, tak semua produk makanan bisa disimpan dalam freezer.

Produk-produk makanan yang mengandung banyak air sebaiknya tidak disimpan di dalam freezer. Daging-dagingan bisa tahan pembekuan untuk penyimpanan. Namun, kualitas mereka bisa terganggu. Tina Hanes, spesialis keamanan makanan dari US Department of Agriculture Meat and Poultry, mengatakan bahwa ada makanan-makanan yang tak boleh disimpan di dalam freezer, di antaranya:

* Telur mentah yang masih utuh. Temperatur yang membekukan di dalam freezer bisa membuat kandungan air di dalam telur mengembang dan membeku. Ketika ini terjadi, kulit telur bisa pecah dan memberi jalan masuk bakteri.

* Sayuran yang segar dan kaya kandungan air, seperti seledri, selada, dan timun.

Sayuran-sayuran ini mudah membeku. Namun, kristal es akan meleleh ketika Anda potong, membuatnya terlihat layu.

* Keju-keju dengan kandungan air yang tinggi. Misal, keju cottage, ricotta, dan keju krim. Bahan-bahan makanan ini akan kehilangan tekstur pengembang ketika air yang membeku kembali ke suhu ruangan.

* Perasa, seperti mayones dan krim. Ketika dibekukan, kristal akan merusak sel-sel dinding pembangunnya. Ketika diproses, bahan ini akan terpisah dan hancur.

NAD
Sumber : Real Simple

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar