Google

Memuat...

Selasa, 04 Agustus 2009

Pola makan bayi usia 12 bulan ke atas

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Bayi Anda yang berusia satu tahun sudah bisa bergabung dengan Anda di meja makan. Ia sudah bisa diberi menu makanan yang Anda masak untuk keluarga. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan!

Apabila bayi sudah berumur 12 bulan, Anda sudah bisa mengikutsertakannya saat makan bersama, terutama ikut menikmati menu yang tersedia di meja. Sebab ia sudah mempunyai keterampilan makan yang hampir sempurna seperti orang dewasa. Meskipun demikian, Anda harus tetap memberikan makanan yang mudah dkunyah dan ditelan dengan baik di dua tahun pertamanya. Bagaimana alat dan sistem pencernaannya masih "belajar".

Sejak dini tanamkan kebiasaan makan yang sehat: pola makan yang teratur dan mengonsumsi makanan dengan komposisi yang bervariasi setiap hari. Meskipun ada masanya nanti bayi menguji kesabaran Anda, misalnya, dengan pilih-pilih makanan, tapi dengan kebiasaaan yang sehat, Anda akan lebih mudah membantu anak apabila

suatu saat ia menghadapi masalah makan. Bahkan dengan pola makan teratur, Anda bisa mencegak masalah muncul masalah makan pada bayi.

Agar bayi antusias saat makan, sajikan sayuran dalam bentuk yang lucu dan menarik. Sediakan pula alat makan yang lucu dan mudah digunakannya saat ia menjajal ketrampilan makan sendiri. Ciptakan pula suasana penuh kegembiraan dan menyenangkan untuk anak saat mereka makan. Sehingga, bagi anak kegiatan makan adalah kegiatan rutin yang penting dan menyenangkan.

Beri perhatian pada hal berikut ini:

* Cuci tangan sebelum memasak, dan jaga kebersihan tangan selama menyiapkan makanan bayi.
* Bedakan talenan untuk memotong daging mentah dengan sayuran, buah dan daging matang yang akan diolah, agar tidak terkontaminasi bakteri daging mentah.
* Sterilkan peralatan makan bayi dengan merebus dan keringkan dengan tissu bersih. Hindari serbet kain yang bisa jadi menyimpan bakteri.

ayahbunda.com

pola makan bayi usia 12 bulan ke atas

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar