Google

Memuat...

Selasa, 04 Agustus 2009

Antraks

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Antraks adalah penyakit yang disebabkan bakteri Bacillus anthracis, yang hidup di tanah. Sell bakteri tersebut seperti spora untuk bertahan dari ganasnya kondisi. Spora tumbuh subur secara berkoloni dalam tubuh binatang atau manusia.

Antraks terkadang menyerang hewan ternak yang jauh dari manusia, tetapi--sebagaimana diketahui pada 2001 antraks menyerang Amerika Serikat--antraks ditakutkan sebagai senjata biologi modern. Penularan atraks melalui daging atau kulit binatang yang terkena antraks dimakan manusia.

Gejala
Rata-rata masa inkubasi antraks lebih dari 7 hari, bisa juga 60 hari bahkan lebih tergantung lamanya gejala terbentuk. Penderita antraks biasanya mengalami gejala antara lain, sembab, demam, gelisah, sakit kepala, dan umumnya merasa resah.

Pengobatan
Jika terdiagnosa dini, antraks mudah diobati dengan atibiotik. Namun terkadang, masyarakat tidak mempedulikan gejala awal antraks sebelum mereka benar-benar gejala itu menjadi makin parah. Antibiotik untuk antraks dapat membunuh bakteri, tetapi antibiotik tak memiliki efek pada toksin antraks.

(tbs/tbs)

detik.com


.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar