Google

Memuat...

Minggu, 02 Agustus 2009

khasiat dan kandungan buah tomat

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Dari buah segar tomat masak per 100 gr mengandung kalori 20 kal, protein 1 g, karbohidrat 4,2, kalsium 5 mg, fosfor 27 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 1.500 SI, vitamin B1 0,06 mg, vitamin C 40 mg, air 94 g.

KHASIAT

1. Buah tomat selain banyak mengandung vitamin A, juga mengandung likopen. Likopen sebagai salah satu antioksidan kuat yang banyak ditemukan dalam sayuran dan buah, mempunyai potensi yang tinggi dalam menghambat oksigen bebas yang merusak. Sehingga dapat melindungi sel dari kerusakan karena radikal bebas dan dari radiasi sinar UV, berbagai penyakit degeneratif.
2. Likopen mempunyai kemampuan sebagai antioksidan yang sangat kuat. Hal ini disebabkan karena kemampuannya dalam mengikat oksigen bebas untuk menangkap radikal peroksi, untuk mencegah oksidasi DNA, untuk mencegah peroksidasi lemak, dan untuk mencegah oksidasi dari Low Density Lipoprotein (LDL).

3. Likopen juga berpengaruh terhadap kadar gula darah, yaitu semakin rendah kadar likopen darah, maka kecenderungan terjadi lonjakan kadar gula darah menjadi semakin

mudah atau sebaliknya.
4. Likopen mempengaruhi resistensi hormon insulin, sehingga toleransi tubuh terhadap glukosa meningkat.
5. Khasiat lainnya adalah untuk mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker kandung kemih, kanker leher rahim, asma, atherosklorosis, fungsi imun, jantung dan penyakit degeneratif.
6. Suatu penelitian dilakukan terhadap sekitar 48.000 pria diperoleh kesimpulan bahwa yang memakan produk olahan dari tomat 10 kali seminggu memiliki resiko terkena kanker prostat lebih rendah 35 % dari pada pria yang memakan tomat kurang dari 1,5 kali dalam seminggu.
7. Tomat banyak mengandung antioksidan dan vitamin lainnya, sehingga tomat merupakan sayuran-buah yang dapat digunakan untuk pencegahan penyakit yang dapat juga untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi.
8. Tomat juga dapat menurunkan resiko katarak, penyakit jantung dan stroke.

TIPS PENYAJIAN

Penyajian tomat sebagai sumber likopen lebih besar setelah dilakukan pengolahan daripada dikonsumsi dalam bentuk segar. Biasanya penyajian buah tomat setelah dilakukan pengolahan antar lain dalam bentuk saus tomat, pasta tomat, bubuk tomat, sup tomat, jus tomat, saus pizza, kecap, dll. Dalam bentuk kapsul terdapat dalam ukuran 5 mg, 6 mg dan 10 mg, sedangkan dalam bentuk tablet seberat 10 mg.

1. MENCEGAH KANKER PAYUDARA, 3 buah tomat segar diblender dan diminum setiap hari.
2. MENCEGAH DIARE, 3 buah tomat diblender dan dicampur dengan air teh kemudian diminum.
3. MENGENCANGKAN KULIT MUKA, hancurkan buah tomat tetapi tidak sampai halus, kemudian diusapkan ke wajah.
4. MENCEGAH KANKER PROSTAT, yaitu dengan cara tomat dibuat jus dan diminum 2 gelas secara rutin pada pagi dan malam hari sebelum tidur.


khasiat.com


.::Artikel Menarik Lainnya::.

1 komentar:

  1. I used to be able to find good info from your articles.


    Also visit my web-site; Las Vegas GE Appliance Repair

    BalasHapus