Google

Memuat...

Minggu, 28 Juni 2009

Mengendalikan kolesterol

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Bicara tentang kolesterol, kita langsung berpikir bahwa ini adalah hal yang buruk. Memang kolesterol sebenarnya terdiri atas 2 jenis, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol jahat dalam bahasa ilmiahnya disebut sebagai Low Density Lipoprotein (LDL) karena merupakan lemak yang menempel pada pembuluh darah. Sedangkan kolesterol baik dalam bahasa ilmiahnya disebut sebagai High Density Lipoprotein (HDL). HDL kebalikan dari LDL karena HDL bisa melarutkan kandungan LDL dalam darah.

Nah, bagaimana cara kita mengendalikan kolesterol dalam darah ini? Beberapa tips kesehatan yang menarik untuk mengendalikan kadar kolesterol darah adalah menyangkut pola makan. Selain itu kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol juga memiliki dampak langsung terhadap kadar kolesterol dalam tubuh. Kebiasaan positif untuk berolahraga secara teratur juga memiliki dampak langsung terhadap kadar kolesterol dalam tubuh.

Sekarang kita akan membahas hanya dalam lingkup pola makan atau diet makanan. Beberapa makanan harus benar-benar dijauhi oleh orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Makanan itu antara lain cumi-cumi, telur burung puyuh, kuning telur, dan otak sapi (biasanya sering disajikan di rumah makan Padang). Berlawanan dengan kuning telur, putih telur ayam memiliki kadar kolesterol terendah.
Buah

Mengkonsumsi buah sebagai makanan alami adalah yang paling bagus untuk kesehatan tubuh. Sebagian besar buah-buahan mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk tubuh. Vitamin C mampu meluruhkan lemak dalam tubuh dan bermanfaat langsung untuk mengendalikan kolesterol.

Selain itu, buah mengandung antioksidan. Fungsinya

untuk menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Radikal bebas adalah zat yang terdapat dalam polusi, aktivitas yang berlebihan, asap rokok dan kendaraan. Bila radikal bebas bertemu dengan kolesterol yang ada dalam tubuh makan akan membentuk bisul dalam tubuh sehingga dapat merusak sel endotel dalam pembuluh darah. Akibatnya, kolesterol akan mudah melekat dalam pembuluh darah.

Salah satu buah yang berkhasiat adalah buah apel. Dalam buah ini juga terkandung antioksidan dalam bentuk fitokimia dan vitamin C. Selain itu di dalam buah apel mengandung serat yang berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.
Teh

Salah satu kebiasaan yang umum bagi orang Indonesia adalah minum teh. Kebiasaan minum teh ternyata juga bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol. Teh juga mengandung antioksidan yang salah satu manfaatnya untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain itu teh juga mengandung beberapa vitamin termasuk vitamin C yang bagus untuk meluruhkan lemak.

Salah satu teh yang diyakini memiliki khasiat yang cukup baik dalam hal ini adalah teh hijau. Bahkan hasil penelitian menunjukkan bahwa teh hijau mampu menurunkan risiko terkena kanker.
Sehat Tidaklah Mahal

Karena itu untuk menjadi sehat tidaklah mahal. Banyak hal tersedia di sekeliling kita untuk kita manfaatkan. Bahkan banyak aktifitas yang bisa kita lakukan seperti berolahraga untuk menunjang tubuh yang sehat. Termasuk bagaimana cara kita mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh, tentu tidak membutuhkan biaya yang mahal.


kumpulaninformasi.wordpress.com


.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar