Google

Memuat...

Selasa, 09 Juni 2009

Diet sehat golongan darah B

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Postingan ini diperuntukkan seseorang berdarah B

Dicuplik dari buku Diet Sehat Gol. Darah B, karya Dr. Peter J. D`Adamo

Gol. darah sama mendasarnya dgn penciptaan itu sendiri. Menurut hukum alam, keempat gol. darah itu mengikuti jalur tak terputus sejak momen paling awal penciptaan manusia hingga hari ini. Gol. darah menjadi semacam “tanda tangan” nenek moyang kita diatas perkamen sejarah yg tak kunjung usang. Sebagai org B, anda membawa cetak genetis dari nenek moyang yg nomaden (berpindah-pindah). Gen darah B memungkinkan nenek moyang anda bertahan hidup dan berkembang pesat di ketinggian serta dlm iklim dingin, dgn diet seimbang antara daging, produk susu, serealia, dan sayuran. Sgt ajaib krn di abad ke-21 ini kekebalan tubuh dan sistem cerna org B masih mempertahankan kecondongan thd makanan yg dikonsumsi nenek moyang yg berdarah B.

Gol. darah adalah kunci dari seluruh sistem kekebalan tubuh. Antigen gol. darah berfungsi sbg “satpam” yg membentuk antibodi mencegah penyakit masuk ke tubuh. Begitu ada penyusup terjadi reaksi yg nama gaulnya “Aglutinasi”, antibodi akan melekat sedemikian eratnya pada penyusup tsb lalu digumpalkan shg proses menghilangkannya jadi mudah.

Tapi celakanya bukan hanya virus/mikroba yg bisa digumpalkan satpam kita itu, makanan tertentu yg tdk cocok bagi gol. darah tsb juga bisa menggumpalkan darah. Diketahui ada suatu faktor yg disebut “Lektin” yaitu protein yg banyak jenisnya dan sering ditemukan dlm makanan, mempunyai faktor penggumpal yg mempengaruhi darah anda. Lektin adalah cara ampuh bagi organisme di alam utk melekatkan diri pada organisme lain. Sering, lektin yg digunakan virus atau bakteri bersifat spesifik pada gol. darah tertentu. Hal ini membuat virus/bakteri tsb lebih nge-fans pada gol. darah tertentu (spt saya ngefans Ayumi, ga mungkin ganti jadi Kyoko Fukada…, *ga penting* :mrgreen: ).

Bila kita mengkonsumsi makanan yg lektinnya tdk sesuai dgn darah kita maka akan menyerang

organ / sistem tubuh (ginjal, hati, otak, perut, de el el) dan menggumpalkan sel darah. Contoh paling nyata : lektin daging ayam ga cocok “pacaran” dgn gol. darah B, krn begitu ketemu akan lsg berciuman menyerang enzim pencernaan dan produksi hormon insulin terganggu, itu sebabnya kalo sering makan ayam, org B daya ingatnya menurun alias pelupa, dan lebih parahnya terancam penyakit Alzheimer (pelupa) yg penderita tingkat lanjutnya bahkan lupa jalan ke toilet atau kamar tidurnya.

Diet darah B adalah cara mengembalikan fungsi penjagaan alami dari sistem kekebalan tubuh, memperbaiki jam metabolisme anda, dan membersihkan darah dari pacar2 lektin yg berbahaya. Tergantung kondisi tubuh dan tingkat kecocokannya.

Kunci diet utk B adalah yin dan yang keseimbangan. Org B tumbuh dan berkembang baik melalui apa yg disediakan oleh dunia hewan dan tumbuhan. B menunjukkan kemajuan yg canggih dlm perjalanan evolusinya, yaitu suatu upaya utk menyatukan berbagai kebudayaan dan orang. Bila konsumsi seimbang antara daging, produk susu, serealia, dan sayuran dapat mengendalikan berat badan dan mencegah penyakit2 berat jaman modern, seperti jantung dan kanker.

Kelompok makanan dlm diet B ini dibagi dlm 3 kategori : Sgt Bermanfaat (bertindak spt obat), Netral (spt makanan), Hindari (spt racun).

Diet B ini meliputi bermacam makanan jadi ga usah cemas adanya pembatasan makanan tertentu. Anda dapat makan yg kategori Sgt Bermanfaat lebih banyak dari yg Netral. Tdk ada salahnya bila makan yg Netral krn tidak merugikan dan justru mengandung nutrisi yg bermanfaat bagi diet seimbang.

Diet dikelompokkan jadi bbrp kategori makanan :

1. Daging dan Unggas

Pada B tampak adanya hubungan lsg antara stress, gangguan kekebalan tubuh, dan daging merah. Bila anda letih lesu atau menderita penurunan daya tahan tubuh, sebaiknya makan daging merah spt daging domba, atau daging kelinci (yg ini gw ga tega ah…) bbrp kali seminggu daripada sapi atau kalkun. Dari pengalaman saya, org B paling sulit berhenti pacaran dgn daging ayam :D . Padahal daging ayam adalah racun bagi B (dan obat bagi O).

sgt bermanfaat : Daging kambing, domba, domba dewasa, kelinci, rusa (yg ini gw doyan.. nyam..nyam).

Netral : Daging Sapi, kerbau (ih.. alot), hati, daging burung unta (mahal bok), daging kalkun.

Hindari : Daging asap, ayam, bebek, angsa, ham, jantung, kuda, ayam hutan, babi, anak burung dara, tupai, penyu.

2. Makanan Hasil Laut

Sgt Bermanfaat : Ikan Cod, Kaviar(telur ikan sturgeon), ikan mackerel, ikan salem, ikan sardin, ikan croaker, ikan flounder, ikan grouper, ikan haddock, ikan hake, ikan halibut, ikan harvest, ikan mahimahi, ikan monkfish, ikan perch samudera, ikan pikerel, ikan pike, ikan porgy. (krn nama ikannya aneh2 bisa cari di google utk nama indonesianya, atau liat gbr.nya di http://www.sea-fishing.org/Fish_Pictures.html atau di http://www.championbass.com/fish_encyclopedia.html

Netral : Kerang abalon, ikan bluefish, ikan bullhead, ikan mas, ikan hiu, cumi2, ikan snapper merah, ikan rosefish, ikan sailfish, skalop (sejenis remis), ikan catfish, ikan chub, ikan drum, ikan kakatua, ikan pompano, ikan todak, ikan hering, ikan whitefish, ikan weakfish.

Hindari : Ikan barakuda, kepah, keong, kepiting, crayfish(sejenis lobster kecil), belut, kodok, lobster, udang, remis, gurita, tiram, siput, penyu, ikan trout.

3. Telur dan Produk Susu

Hanya org B yg dapat menikmati hampir semua produk susu. Sebab gula primer dlm antigen B adalah D-galaktosamin, yg sama dgn gula pada susu. (Telur tdk mengandung lektin sdgkan daging ayam mengandung lektin yg terdapat pada jaringan otot) Jadi walaupun ga boleh pacaran dgn daging ayam, pacaran ama telurnya pun jadilah, lagian telur kan istilah genk-ku dulu ”ayam lengkap” ada paha kaki dada kepala ceker dll di dalamnya hehehe…. :D .

Sgt Bermanfaat : Keju petani, keju kambing (emang ada ya? :D ), susu sapi, susu kambing, keju mozzarella, keju India, keju ricotta, yoghurt.

Netral : Keju brie, Mentega, susu mentega, Kasein, keju cheddar, keju edam, telur ayam, keju Swiss, krim half & half (apaan nih??), keju jarlsberg (ga ngerti).

Hindari : Keju Amerika (anti amerika ni yee…), Keju biru (wakss…!!), telur (bebek, angsa, puyuh), Es Krim (haduhh…!! sayangnya..), Keju string.

4. Minyak dan Lemak

Minyak Zaitun dlm diet membuat saluran pencernaan dan pelepasan menjadi lebih baik dan sehat. Gunakan minyak Zaitun paling sedikit satu sendok makan setiap hari. Hindari minyak Wijen, minyak bunga matahari, dan minyak jagung, krn ada lektin perusak pencernaaan pada B.

Sgt Bermanfaat : Minyak Zaitun

Netral : Minyak Almond, minyak hati ikan cod, minyak biji kenari, minyak biji gandum.

Hindari : Minyak borage, minyak kelapa, minyak jagung, minyak kacang tanah, minyak wijen, minyak kedelai, minyak bunga matahari, minyak biji kapas, minyak safflower.

5. Kacang2an dan biji2an

Kebanyakan kacang2an dan biji2an tdk dianjurkan utk org bergolongan B (hiks… senasib dgn darahku).

Bermanfaat : Kenari (hitam)

Netral : Buah badam/almon, kacang beech, kacang Brasil, kacang butter, berangan (chestnut), biji rami, biji lici, kacang macadamia, kacang pecan, kacang kenari (inggris)

Hindari : Kacang mete, kacang tanah, mentega kacang, kacang pignola (biji pinus) kacang pistakio, biji opium, biji labu, biji wijen, mentega wijen, biji bunga matahari, sereal soy flake, susu kedelai, miso kedelai, tempe, tahu, kacang kedelei, kacang mata hitam (duh.. kirain kaca mata hitam kekeke….),

6. Serealia, roti, dan pasta

Ada bbrp org B yg dapat menerima hasil olahan gandum. Tetapi secara keseluruhan mereka spt org O yg tdk tahan gandum. Gluten gandum mengandung lektin yg tersimpan di otot, menyebabkan lambatnya pembakaran kalori dan menurunnya kecepatan metabolisme. Gandum dpt menjadi faktor naiknya berat badan bagi darah B. Juga hrs menghindari gandum hitam (rye) penyebab gangguan darah dan stroke. Dianjurkan anda mengatur asupan roti, pasta, dan nasi dlm porsi sedang. Bila anda mengkonsumsi daging, makanan laut, dan produk susu yg dianjurkan, anda tdk lagi perlu nutrisi dari roti, pasta, dan beras.

Sgt Bermanfaat : Roti Essene (roti manna), bubur gandum oat, kulit beras, kue beras, susu beras (he?), beras (sereal).

Netral : Beras, tepung beras, pasta bayam, gandum (olahan, tanpa pemutih), gandum (produk tepung semolina), Granola, roti beras.

Hindari : Jagung, sereal cornflakes (namanya aja udah corn=jagung), sajian krim gandum, tepung gluten, gandum hitam, roti/sereal seven grain, Mi soba, macem2 mie (Indomii…. pantaaangankuuu… :D ), tapioka, pasta artichoke.

7. Sayur2an

Dapatkan manfaat sayur2an dgn mengkonsumsi hidangan 3 – 5 kali sehari. Krn org B cenderung rentan thd penyakit autoimun dan virus, makanlah banyak sayuran hijau yg kaya magnesium. Magnesium adalah agen McAfee antivirus yg penting.

Sgt Bermanfaat : Brokoli, jahe, kembang kol, ubi, wortel, kubis, mustard hijau, terong, wortel, yam, jamur shiitake, daun peterpan peterselli.

Netral : acar (dlm air garam atau cuka), kecambah alfalfa, asparagus, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, bayam, cabai, daun ketumbar, labu, mentimun/jus, sawi, selada semua jenis, seledri, kelp (ganggang laut), talas,

Hindari : Avocad, jagung, tomat, waluh, Zaitun semua jenis.

8. Buah2an

Nenas sgt bermanfaat utk B, terutama yg takut gemuk, khususnya bagi yg tdk mengkonsumsi produk susu dan daging. Bromelain, yaitu enzim dlm nenas membantu makanan lebih mudah dicerna.

Sgt Bermanfaat : Anggur semua jenis, kranberri, Nenas, Pepaya, Pisang, Plum semua jenis, Semangka.

Netral : Apel, Aprikot, Mangga, Jeruk, Limau, Jeruk Mandarin, Citrus, Kismis, Kiwi, Kurma, Strowberi, Pisang raja, Pir asia, Pir, Prune, Beri hitam, Blueberri, Buah ara, buah sukun, Ceri, Jambu biji, Melon (canang, christmas,crenshaw,madu,musk,persia,spanyol), Mulberi, Persik.

Hindari : Pare, kelapa/santan (pasti kamu doyan yg ini…, tapi coba hindari ya.. :) ), Delima, kesemek, belimbing.

9. Jus dan sirop

Kebanyakan jus sayuran dan buah baik utk B. Stiap pagi setelah bangun tidur, utk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan saraf, minumlah Membrane Fluidizer Cocktail (Koktail pencair Membran), nama panggilan yg menarik, cara meramunya :

Campurkan 1 sendok makan minyak biji rami, 1 sendok makan granula lesitin berkualitas tinggi, dan 6 – 8 ounce buah. Kocok dan minumlah. Koktail baru ini mengandung kolin, serin dan etanolamin (suatu fosfolipid) berkadar tinggi, yg bernilai lebih bagi B, anda mungkin terkejut dgn rasanya yg enak krn lesitin melarutkan minyak dan membuatnya bercampur dgn jus. (utk kasusmu, masalah koktail yg satu ini konsultasikan dulu ke doktermu ya ;) , saya ga PeDe berhubung pengetahuanku yg cetek ini).

10. Bumbu2an

Org B dapat menerima baik tanaman obat yg menghangatkan spt jahe, lobak, kari, dan cayenne pepper, kecuali lada hitam dan putih (krn mengandung lektin). Krn tanaman obat yg manis mengiritasi lambung. Jadi, hindari gula jawawut, pati jagung, dan kayu manis. Perkecualiannya adalah gula putih, madu. Boleh juga makan sedikit coklat, tapi jgn anggap sebagai makanan utama (alias bagi2 dong ama saya…. :D ).

Yg perlu di Hindari : Aspartame (gula buatan), Kecap, gelatin (polos) (gelatin terutama terdapat pada snack yg kenyal, dodol garut misalnya), miso, MSG (bumbu penyedap), Kayu manis, Lada (hitam dan putih) *padahal steak sapi lada hitam enak lho* , pati jagung, sirop jagung, tapioka

11. Tanaman obat dan teh

Ginseng sgt dianjurkan utk darah B krn berdampak positif pada sistem saraf. Namun berhati-hatilah krn ginseng juga dapat bekerja sbg stimulan, utk itu minumlah pada pagi hari. Secara khusus Licorice baik utk darah B krn mempunyai faktor antivirus yg menurunkan kerentanan B thd penyakit autoimun. Banyak org B yg mengalami kadar gula darah turun setelah makan hipoglikemia, dan licorice dpt membantu mengatur kadar gula darah.

Sgt Bermanfaat : Jahe, Ginseng, Teh Hijau, teh herbal, Licorice, peppermint, sage, rose hip daun raspberi, daun peterselli.

Netral : Alfalfa, cabai, kamomil, dandelion, sarsaparilla, Mulberri, Dong Quai, chickweed, linden, spearmint, valerian, kulit pohon ek putih, yarrow, yellow dock.

Hindari : Corn silk, Lidah buaya, minuman beralkohol, minuman ber soda, air soda, semanggi merah, gentian, hop, coltsfoot, mullein, shepherd purse, skullcap.

Terakhir, Olahraga apa yg cocok utk B?

B akan sehat dgn olahraga yg bukan sepenuhnya aerobik atau juga tidak sepenuhnya pada relaksasi mental (ingat yin dan yang, keseimbangan adl mutlak bagi B). Program olahraga menengah yg seimbang seperti hiking, sepeda santai, olahraga beladiri yg kurang agresif (tai chi / wushu misalnya), tenis, dan kelas aerobik. Olah raga kompetisi seperti squash, sepakbola, basket, atau karate dan Capoera tidak baik utk org B. Jadwal olahraga paling efektif (dlm seminggu) adalah 3 hari olah fisik dan dua hari olahraga relaksasi spt yoga.

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar