Google

Memuat...

Senin, 22 Juni 2009

Tanaman pengusir nyamuk

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Membunuh nyamuk menggunakan obat kimia terkadang menjadi sesuatu hal yang kurang menyenangkan, karena dapat menyebarkan racun kepada kita sendiri. Biasanya saya menggunakan obat kimia hanya diluar rumah, seperti disekitar tanaman, got dan pinggir kolam. Untuk didalam rumah kita dapat menggunakan raket listrik. Mungkin kita bisa menggunakan dengan cara alami, walaupun tidak membunuh tetapi dapat mengusir nyamuk dari lingkungan kita.

Lavender
Lavender merupakan tanaman yang menarik. Bunganya berwarna ungu, merah, putih dan biru yang mempunyai bentuk kecil-kecil, dan mengeluarkan aroma wangi. Untuk menghindari gigitan nyamuk, cukup dengan menggosokkan bunga lavender ke kulit. Tak heran, beberapa produk obat antinyamuk oles memanfaatkan lavender sebagai salah satu bahannya.

Serai Wangi
Meski lebih populer dipakai untuk bumbu masak

dan bahan campuran jamu, batang dan daun serai wangi bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk. Tanaman ini mengandung zat geraniol, metilheptenon, terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan terutama sitronelal. Zat sitronelal ini memiliki sifat racun kontak (aroma). Sebagai racun kontak, ia dapat menyebabkan kematian pada nyamuk karena kehilangan cairan secara terus-menerus.


Geranium
Geranium merupakan tanaman hias, bunganya yang cantik membuat tanaman ini sedap dipandang. Tanaman ini dapat mengusir nyamuk karena Geranium memiliki kandungan bahan yang bersifat antiseptik yaitu geraniol dan sitronelol. Senyawa tersebut berbau menyengat dan harum. Tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Zodia
Tanaman ini dapat mengeluarkan aroma yang cukup tinggi, aroma tersebut dapat keluar bila daunnya saling bergesekan. Tanaman ini dapat diletakkan didalam pot. Letakkanlah pada tempat yang tertiup angin. Sehingga aroma tersebut dapat menyebar didalam ruangan.



Akar wangi
Berdasarkan hasil penelitian, pemanfaatan ekstrak akar wangi dalam bentuk minyak terbukti efektif mengendalikan nyamuk Aedes aegypti dan Anopheles aconitus. Uji toksitas menunjukkan, ekstrak akar wangi dengan konsentrasi 0,20 dan 0,25 persen mampu membunuh larva nyamuk Aedes aegypti kurang lebih dalam waktu dua jam.

Selasih
Selasih dipercaya mengeluarkan aroma yang cukup tajam bagi serangga. Tanaman ini paling cocok berada di dalam rumah. Letakkan sedikit lama dalam ruangan akan lebih membantu pengusiran nyamuk di rumah anda.

Kapan anda akan mencobanya, tidak ada ruginya kita kembali ke alam.
Selamat mencoba………..

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar