Google

Memuat...

Selasa, 04 Agustus 2009

Makanan kering paling tepat untuk ibu hamil

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Ketidakseimbangan hormonal pada ibu hamil trimester pertama kerap menimbulkan gejala mual dan muntah, untuk meminimalisir keadaan itu, ibu hamil disarankan mengkonsumsi makanan kering.

"Makanan kering yang disarankan bisa berupa roti bakar, ikan dan ayam bakar atau panggang, sayur lalap, serta buah-buahan," kata ahli gizi dari Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Jakarta II, Rita Ramayulis, DCN., di Jakarta, Kamis (22/02).

Rita menyarankan, agar ibu hamil yang mengalami hiperemesis gravidarum (keadaan mual dan muntah pada trimester pertama kehamilan) untuk mengurangi konsumsi makanan goreng-gorengan atau berminyak banyak.

"Kalau harus digoreng lebih baik setengah matang,

atau lebih baik lagi bila dibakar, panggang, atau ungkep," kata ibu dua anak itu.

Gejala mual dan muntah itu umumnya muncul karena rangsangan makanan yang berupa cairan, mengandung banyak minyak/goreng-gorengan, makanan berbumbu tajam, makanan yang terlalu pedas, manis, atau asam.

Meski begitu ibu hamil tetap memerlukan asupan cairan ke dalam tubuh tetapi harus diperhatikan jumlahnya agar tidak merangsang gejala mual dan muntah.

"Jumlah cairan yang dikonsumsi harus sedikit demi sedikit dan setelah makan tunggu sampai minimal 15 menit baru kemudian boleh minum minuman hangat," kata perempuan yang juga berprofesi sebagai instruktur senam itu.

Menurut dia, ibu hamil trimester pertama harus menerapkan prinsip gizi seimbang pada makanannya karena periode tersebut merupakan saat-saat yang paling menentukan pembentukan dan perkembangan janin.

Prinsip gizi seimbang diterapkan dengan cara memenuhi kebutuhan bahan makanan bagi tubuh yang menjadi sumber karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayuran, dan buah-buahan.

Perempuan berdarah Padang itu mengatakan, ibu hamil muda terutama sangat membutuhkan asupan nutrisi Zn (untuk pertumbuhan janin), Fe (pembentukan sel-sel darah merah), serta asam folat dan vitamin C untuk membantu penyerapan unsur Zn dan Fe.

Unsur Zn dapat diperoleh melalui konsumsi makanan laut, Fe dari sayuran hijau, kacang-kacangan, dan protein hewani warna merah. Sedangkan asam folat dan vitamin C didapat dari konsumsi sayur serta buah-buahan.

Pada trimester pertama kehamilan idealnya diterapkan pola makan porsi kecil tetapi sering.


KapanLagi.com -

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar