Google

Memuat...

Jumat, 09 Oktober 2009

Kaki Disilangkan Bukan Penyebab Varises

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Vera Farah Bararah

Bagi kebanyakan perempuan varises adalah masalah serius karena bisa membuat penampilan menjadi tidak sedap dipandang. Banyak faktor yang diduga menjadi penyebabnya. Kebiasaan menyilangkan kaki saat duduk bahkan dituding ikut menjadi penyebabnya.

Diperkirakan sekitar 20 persen sampai 30 persen masyarakat memiliki varises, yaitu urat pada dinding yang lemah sehingga menyebabkan tonjolan di atas permukaan kulit. Tonjolan ini bisa muncul akibat aliran darah menuju jantung terganggu. Varises menyebabkan sakit, gatal dan terkadang terjadi komplikasi lain seperti eksim atau bisul.

"Jika Anda menghindari varises dengan cara selalu meluruskan kaki, maka pekerjaan tersebut akan sia-sia. Karena kaki yang disilangkan tidak akan memberikan efek terhadap risiko varises serta tidak akan membuat varises yang sudah ada menjadi

lebih buruk," ujar Dr Ken Myers, seorang ahli pembuluh darah di Melbourne, seperti dikutip dari ABCNews, Jumat (9/10/2009).

Lalu apa yang menyebabkan varises tersebut muncul?

Peneliti memperkirakan faktor genetik memainkan peranan dalam terjadinya varises, tapi mengenai penyebab utamanya sampai saat ini masih menjadi misterius. Satu hal yang pasti adalah adanya peningkatan tekanan dalam pembuluh darah vena tidak akan terjadi dengan sendirinya.

Myers menambahkan varises diawali dengan kerusakan pembuluh darah sehingga tekanan darah dalam pembuluh menjadi berbalik, tetapi itu hanya sebagai faktor penyebabnya bukan penyebab utamanya.

Dalam banyak kasus, kaki yang disilangkan sering dikatakan sebagai penyebab, padahal itu tidak benar dan tidak pula memperparah varises. Namun, berdiri dalam waktu yang lama dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah dan bisa membuat kondisi menjadi lebih buruk, walaupun efeknya hanya sedikit.

Faktor lain yang diketahui bisa memperburuk varises adalah kehamilan yang mungkin disebabkan karena perubahan hormon dalam tubuh serta karena faktor kegemukan. Tapi merokok, memiliki tekanan darah tinggi atau memakai sepatu hak tinggi sampai saat ini dikatakan tidak mempengaruhi.

Perawatan yang bisa dilakukan untuk varises biasanya dengan cara menutup pembuluh vena yang terkena, baik dengan cara operasi atau tidak. Ini tidak membahayakan peredaran darah, karena pembuluh vena yang lain akan mengambil alih tugas. Tapi penyakit ini bisa kambuh kembali pada pembuluh darah vena yang sebelumnya tidak apa-apa.

Penanganan yang lain bisa dengan cara menggunakan kaus kaki atau stocking. Meskipun tidak akan memperlambat penyakit tersebut, tapi bisa membantu mengurangi pembengkakan sehingga mengurangi rasa ketidaknyamanan.

Detik.com

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar