Google

Memuat...

Minggu, 04 Oktober 2009

4 Makanan Anti Kanker Prostat

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Makanan bisa menjadi sumber penyakit maupun obat. Khusus untuk para pria, jika Anda ingin jauh-jauh dari risiko kanker prostat, sebaiknya perbanyak konsumsi 4 jenis makanan berikut ini.

Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali.

Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan lymph node. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi ereksi dan gejala lainnya.

Jumlah kanker prostat sangat bervariasi di dunia namun jarang terjadi di Asia Timur dan Selatan. Sering terjadi di Eropa dan Amerika Serikat. Menurut American Cancer Society, kanker prostat paling jarang terjadi di pria Asia dan paling sering terjadi di orang berkulit hitam dan orang Eropa tengah.

Mengetahui makanan apa yang baik dan tidak untuk kesehatan adalah kunci melawan penyakit ini. Apalagi hampir sebagian besar penyakit kanker disebabkan karena pola makan yang salah. Dikutip dari Askmen, Jumat (2/10/2009) berikut 4 makanan yang paling baik dalam mencegah kanker prostat.

1. Tomat
Makanan pencegah kanker adalah makanan yang mengandung antioksidan, dan salah satunya yaitu buah tomat yang banyak mengandung likopen. Likopen adalah pigmen golongan karotenoid yang memberi warna merah pada buah tomat sekaligus memiliki efek antioksidan. Sebuah studi tahun 2007 menyebutkan bahwa tomat bisa meningkatkan aliran pembuluh darah pada alat reproduksi pria dan mengurangi risiko kanker prostat. Jadi, jangan lupa masukkan tomat dalam daftar menu harian Anda.

2. Brokoli
Kandungan senyawa aktif Sulforaphane yang ada pada brokoli bisa mencegah pembentukan sel-sel yang tidak terkontrol (kanker) pada bagian kelenjar prostat laki-laki. Menurut para peneliti, Sulforaphane adalah senyawa yang paling baik yang pernah mereka temukan dalam melawan dan membunuh sel-sel kanker, termasuk kanker prostat. Makanlah dalam keadaan mentah atau tidak terlalu matang agar kandungan zat aktif tersebut tidak banyak yang hilang.

3. Kedelai


Kedelai sudah lama diketahui sebagai makanan yang memiliki antioksidan tinggi. Kandungan antioksidan pada kedelai adalah genistein, daidzein dan glycitein yang semuanya tergolong dalam sebuah golongan yang disebut isoflavon. Semua makanan yang berasal dari kedelai sangat sehat. Susu kedelai, tahu, tempe dan makanan kedelai lainnya bisa memerangi sel-sel yang kemungkinan berubah menjadi kanker. Mulai sekarang, perbanyak konsumsi kedelai daripada daging.

4. Flax (Rami)
Rami (Boehmeria nivea )adalah tumbuhan yang biasa dimanfaatkan untuk membuat bahan kain, yaitu linen. Tumbuhan ini kaya akan omega 3 dan juga lignan yang merupakan senyawa antioksidan juga. Sayangnya hanya sedikit studi yang meneliti kelebihan tumbuhan ini, padahal kandungan lignan yang terdapat banyak pada tumbuhan ini adalah antioksidan juga. Rami bisa ditemukan pada tepung-tepungan dan biji-bijian seperti sereal.

Meskipun 4 makanan tersebut disebut sebagai makanan anti kanker prostat, namun secara umum juga bisa mencegah jenis kanker lainnya seperti kanker payudara, pankreas, hati dan lainnya. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut jika ingin tetap sehat.


detik.com




.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar