Senin, 05 Oktober 2009

Telur Bantu Perkembangan IQ Anak

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Bagus Kurniawan

Jangan pernah mengabaikan telur dalam makanan anak. Cukup dua butir telur setiap hari dapat membantu perkembangan IQ (intelligence quotient) anak serta mengobati penyakit defisiensi yodium yang banyak diderita murid di daerah pegunungan.

Hal itu diungkapkan ahli gizi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Toto Sudargo, SKM, M.Kes, saat memaparkan hasil penelitiannya kepada wartawan, di FK UGM, Bulaksumur Yogyakarta, Senin (5/10/2009).

"Dua keuntungan bila anak-anak kita mau mengkonsumsi telur, dua butir setiap harinya," kata Toto.

Staf pengajar jurusan gizi kesehatan FK UGM itu memaparkan hasil penelitiannya pada siswa sekolah dasar (SD) di daerah pegunungan di Kabupaten Wonosobo dan Wonogiri, Jawa Tengah. Hasilnya, didapatkan dampak kekurangan yodium ini dapat menurunkan IQ sekitar 10-15 persen.

"Ketika ditreatment dengan telur bisa menambah IQ sekitar

20 persen," kata Sudargo.

Menurut dia, rata-rata anak sekolah di seluruh Indonesia sekitar 35-65 persen masih kekurangan gizi, terutama defisiensi yodium. Daerah Wonosobo dan Wonogiri, siswa SD mengalami kekurangan yodium sekitar 19 hingga 33 persen.

Dia mengatakan pemanfaatan telur untuk dikonsumsi sangat baik, karena daya serap satu butir telor yang beratnya 60 gram mengandung 7-8 gram protein. Sementera kebutuhan anak sekolah 45 gram protein.

"Saran kita adalah perlu sekali untuk konsumsi telur. Apalagi kalau digoreng, karena ada tambahan 10 gram protein akan menambah 110 kilo kalori," ungkap dia.


detik.com

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar