Google

Memuat...

Selasa, 15 September 2009

Amalan sunnah bag II

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Sunnah-Sunnah Dalam Adzan Dan Iqomah


Membaca shalawat kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa salam setelah selesai menjawab adzan dari muadzin dan menyempurnakan shalawatnya dengan membaca shalawat Ibrahimiyyah dan tidak ada shalawat yang lebih lengkap dari shalawat tersebut. Dalilnya adalah sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. "Apabila kalian mendengar muadzin maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkannya lalu bershalawatlah untukku karena sesungguhnya orang yang bershalawat untukku satu kali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali". Faedah dari sunnah tersebut : Sesungguhnya Allah bershalawat atas hambaNya sepuluh kali. Makna bahwasanya Allah bershalawat atas hambaNya adalah Allah memuji hambaNya di hadapan para malaikat.

Sunnah-Sunnah Pergi Menuju Masjid


Bersegera Menuju Masjid, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda. "Seandainya manusia mengetahui keutamaan panggilan adzan dan shaf awal kemudian tidaklah mereka bisa mendapatinya kecuali dengan berundi, pastilah mereka berundi dan seandainya mereka mengetahui keutamaan bersegera menuju masjid niscaya mereka

akan berlomba-lomba dan seandainya mereka mengetahui keutamaan sepertiga malam yang awal dan shubuh niscaya mereka akan datang kepada-Ku walaupun dengan merangkak". Imam An-Nawawy berkata: "At-Tahjir adalah bersegera menuju shalat".

Sunnah-Sunnah Yang Berkaitan Dengan Keluar Masuk Rumah


Imam An-Nawawy berkata : "Sangat dianjurkan untuk mengucapkan bismillah dan memperbanyak dzikir kepada Allah dan kemudian memberi salam". Dan dzikir kepada Allah ketika masuk rumah berdasarkan hadits Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. "Apabila seorang memasuki rumahnya kemudian dzikir kepada Allah ketika akan masuk dan ketika akan makan maka syaitan berkata : "Aku tidak akan bermalam di tempat kalian dan tidak akan makan malam". Kemudian mengucapkan doa masuk rumah. Berdasarkan hadits Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam. " Ya, Allah sesungguhnya aku memohon kepada Mu kebaikan ketika masuk dan kebaikan ketika keluar. Dengan menyebut nama Allah kami masuk dan kami keluar. Dan hanya kepada Rabb kami, kami bertawakal"

www.almanhaj.or.id

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar