Google

Memuat...

Minggu, 13 Desember 2009

Jamur Maitake Menangkal Keputihan

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Terdapat ribuan jenis jamur yang tumbuh subur di bumi ini. Selain citarasanya yang mengigit saat diolah, khasiatnya pun ternyata luar biasa. Salah satu jamur yang memiliki khasiat kesehatan adalah jamur maitake. Jamur yang ditemukan oleh Prof Dr Hiroaki Nanba PhD, mikrobiolog dan peneliti khusus jamur dari Kobe Pharmaceutical University of Japan ini, semula hanya diketahui dapat menyembuhkan penyakit darah tinggi, diabetes serta jantung. Namun setelah melalui penelitian yang cukup panjang, diketahui jamur maitake ternyata dapat menyembuhkan kanker leher rahim, kanker payudara, osteoporosis, hingga AIDS.

Jamur yang banyak nama

Jamur maitake (Grifola Frondosa) oleh bangsa Eropa dikenal sebagai hen of the woods atau ayam betina dari kayu. Disebut demikian karena bentuknya hampir mirip seperti jengger ayam. Jamur ini juga dikenal sebutan Raja Jamur, karena beberapa di antaranya ada ada yang berukuran sebesar bola basket.



Asal jamur maitake



Jamur maitake hingga saat ini masih tumbuh subur di daerah bagian timur laut Jepang. Namun, karena manfaatnya dinilai luar biasa, maka kini beberapa negara termasuk di Indonesia sudah mulai membudidayakannya.

Secara harfiah, nama maitake bermakna 'jamur menari' atau dancing mushroom. Nama itu berawal dari cerita kuno, pertama kali jamur maitake ditemukan. Pada saat itu, jamur maitake sangat sulit ditemukan, sehingga berharga sangat mahal, senilai perak murni. Para pemburu jamur yang menemukannya sering kali kegirangan dan menari-nari ketika menemukan jamur maitake.



Jamur melawan jamur

Pada penelitian lanjutan untuk menguji keampuhan jamur maitake juga telah dilakukan oleh Prof Dr Hiroaki. Dari rentetan uji klinis yang dilakukan oleh Hiroaki, jamur maitake ternyata mengandung antijamur, antibakterial, antifungi serta antiparasit.

Dalam sebuah penelitiannya yang melibatkan 13 perempuan penderita keputihan akut menunjukkan bahwa jamur maitake sangat ampuh untuk menekan pertumbuhan jamur penyebab keputihan. Selama enam bulan, para pasien tersebut diharuskan mengonsumsi jamur maitake yang telah diolah menjadi aneka ragam masakan tanpa campuran bahan makanan lain. Hasilnya cukup luar biasa, lebih dari 50% pasien mengaku derita keputihannya berkurang, sisanya mengaku keputihan masih di derita namun rasa gatal yang kerap dirasakan berangsur hilang.

Penyimpanan dan pengolahan

Saat ini, jamur maitake sudah banyak diperjualbelikan dengan harga terjangkau dalam bentuk segar dan kering agar bisa lebih lama disimpan. Bungkus jamur maitake segar dalam kantong kertas kemudian simpan dalam lemari es sehingga jamur maitake segar bisa bertahan hingga 7-10 hari.

Jamur maitake dapat disajikan dalam berbagi hidangan, salah satunya adalah dengan cara ditumis dengan sedikit minyak atau mentega, atau bisa juga dibuat untuk campuran sup.

jamur maitake mampu hancurkan tumor




http://www.menstruasi.com/


.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar