Google

Memuat...

Rabu, 24 November 2010

Terlalu Banyak Tidur Bikin Wanita Gampang Kena Stroke

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.




Merry Wahyuningsih

New York, Tidur yang cukup sangat dianjurkan untuk membuat tubuh tetap bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Tapi bagi wanita khususnya yang mendekati usia menopause, sebaiknya jangan terlalu banyak tidur untuk menghindari risiko terserang stroke.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa wanita usia pre-menopause dan menopause yang terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur berisiko tinggi menderita stroke.

Tim peneliti dari Albert Einstein College of Medicine di New York City, menunjukkkan bahwa kebiasaan tidur pada wanita khususnya ketika memasuki usia pre-menopause dan menopause bisa menjadi signifikan dalam memprediksi risiko stroke iskemik, yaitu tipe paling umum dari stroke yang disebabkan oleh penyumbatan dalam arteri yang memasok darah ke otak.

Peneliti mempelajari 93.676 partisipan wanita dan menemukan bahwa partisipan yang rutin tidur 9 jam atau lebih, 70 persen lebih mungkin menderita stroke iskemik, dibandingkan dengan wanita yang tidur 7 jam semalam.

Peneliti juga menemukan bahwa wanita yang tidur 6 jam atau kurang per malam memiliki risiko 14 persen lebih tinggi menderita stroke dibandingkan dengan wanita yang tidur 7 jam semalam.

"Terlalu banyak tidur sangat terkait dengan peningkatan risiko stroke iskemik pada

wanita, khususnya wanita menopause," ujar Dr Jiu-Chiuan Chen, penulis penelitian dari Albert Einstein College of Medicine, dilansir Themedicalnews, Rabu (24/11/2010).

Menurut Dr Chen, orang yang terlalu banyak tidur umumnya menganggur, merokok dan secara fisik tidak aktif, sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit
jantung, diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi atau depresi, yang merupakan faktor risiko stroke.

Menurut US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) rata-rata orang dewasa harus mendapatkan 7 sampai 9 jam tidur setiap malam, remaja 8,5 sampai 9,5 jam, dan anak-anak usia 5 sampai 12 tahun harus mendapatkan 9 sampai 11 jam setiap malam.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal of the American Heart Association.





(mer/ir)
detik.com

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar