Google

Memuat...

Kamis, 11 November 2010

Ujian Praktek SIM Cukup Pakai Simulator

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.




Jakarta - Bagi para calon pemilik Surat Izin Mengemudi (SIM) bersiaplah karena tahun depan polisi bersiap untuk menerapkan metode mendapatkan SIM yang baru, khususnya ketika ujian praktek dilaksanakan.

Tahun depan kepolisian rencananya akan menguji setiap calon pemilik SIM dengan simulator khusus, bukan lagi dengan mengendarai motor sungguhan seperti yang sekarang ini dilakukan.

"Tahun depan akan pakai simulator. Kami sudah buat simulator khususnya dan siap digunakan," ujar anggota Korlantas Mabes Polri Abdillah di sela-sela pameran Indo Defence, Kemayoran, Jakarta.

Saat ini menurut Abdillah sudah 100 unit alat simulator disebar ke daerah

percontohan dengan rincian 15 unit di Jakarta, 75 unit di Jawa Barat dan 10 unit di Banten.

Alat simulator ini dibuat oleh perusahaan lokal asal Bandung bernama PT Inovasi Teknologi Indonesia. "Komponen kita yang buat, termasuk softwarenya," tambah Airi Adi Wibowo di tempat yang sama.

Simulator ini menurut Abdillah mengadopsi seluruh situasi yang sebenar-benarnya ada di jalan raya. Karena itulah banyak sensor yang ditempatkan di motor simulator seperti di shock, ban dan body.

Pengendara tinggal menaiki motor ini dan mengendarai simulator itu seperti halnya mengendarai motor.

"Sebab setiap gerakan yang dilakukan pengendara akan berefek pula pada motor simulator itu. "Kalau melakukan kesalahan gerakan, motor di layar juga bisa jatuh," jelas Airi.

( syu / ddn )
detik.com

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar