Google

Memuat...

Kamis, 02 September 2010

Makanan Sehat Belum Tentu Sehat

Share Berbagilah kebaikan dengan mensharing artikel ini melalui FB anda.

Gaya hidup sehat sedang marak digalakkan. Mulai dari kebiasaan sehari-hari hingga pola makan pun dicari yang sehat. Tapi hati-hati dengan makanan berembel-embel sehat, karena belum tentu semuanya sehat secara keseluruhan. Simak info lengkapnya di sini!

Masyarakat saat ini mulai menyadari betapa pentingnya hidup sehat. Setiap orang berlomba-lomba untuk hidup lebih baik, tak hanya kebiasaan sehari-hari yang dirubah tapi juga pola makan. Produk-produk makanan yang dibilang sehat langsung dicari demi mendapatkan tubuh yang sehat namun terkadang tanpa dilihat lebih jauh mengenai produk tersebut.

Ternyata tidak semua jenis makanan yang 'dikatakan' sehat ini benar-benar memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Mungkin hanya sebagian saja atau bahakan mungkin tambahan bahan-bahan lainnya pada produk tersebut justru membuat makanan itu membuat tubuh Anda mendapatkan dampak yang buruk.

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang tak sedikit orang mengira cukup

menyehatkan. Namun ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar jika makanan tersebut dikonsumsi menyalahi aturannya.

Energy Bars
Camilan ringan ini biasanya disantap sebagai selingan di sore hari. Mengandung cukup banyak protein dan juga serat yang bisa membantu Anda tetap merasa kenyang tanpa harus makan nasi. Meskipun begitu, kandungan kalorinya juga cukup tinggi. Hal ini yang menyebabkan Anda akan merasa cepat kenyang. Tapi sayangnya kita sering lupa akan hal itu, dan menjadikan makanan ini sebagai camilan ringan yang dimakan dalam jumlah yang banyak.

Granola
Granola cukup menyehatkan, jika dikonsumsi dalam porsi yang sesuai aturan. Granola cukup tinggi serat, lemak, gula, dan kalori. Jangan terlena dengan apa yang diiklankan, karena biasanya granola masih cukup sehat dikonsumsi dalam jumlah yang kecil.

Salad
Banyak sumber mengatakan dengan mengkonsumsi salad buah atau sayur dapat membantu program penurunan berat badan. Hal ini memang benar, tapi jangan Anda lupa dengan beberapa topping tambahan yang sering dicampurkan ke dalam salad. Seperti fetta cheese, pita bread, dan mungkin beberapa potongan daging asap. Penambahan jumlah topping tentunya akan menambah jumlah kalori dan juga lemak.

Saus salad juga sangat menentukan seberapa sehat salad tersebut untuk tubuh Anda. Meskipun Anda makan banyak salad sayuran namun tetap menggunakan saus yang berbahan mayones, program diet Anda akan sia-sia. Justru akan menambah jumlah lemak dalam tubuh. Jadi sebaiknya lebih hati-hati dan cermat dalam memilih bahan-bahan untuk dijadikan salad dan tentu saja pintar memilih saus salad.

Smoothies
Minuman segar ini memang sering menjadi pilihan minuman sehat karena bahan dasarnya yang terbuat dari buah-buahan. Hal ini tidak sepenuhnya tepat karena penggunaan gula dan cream yang cukup banyak menjadikan vitamin pada buah pun berkurang. Sebaiknya jika ingin minum smoothies ataupun jus buah lainnya, lebih baik membuat nya sendiri di rumah karena bahan-bahan yang digunakan jelas lebih terkontrol dan tentunya lebih sehat.

Yoghurt
Yoghurt adalah salah satu sumber kalsium selain susu. Agar manfaatnya bisa dirasakan oleh tubuh sebaiknya memilih yoghurt tanpa rasa. Karena yoghurt yang memiliki macam-macam rasa biasanya memiliki kadar gula yang lebih tinggi dibandingkan dengan yoghurt yang tawar. Jika tidak suka dengan rasanya yang asam, Anda bisa menambahkan sedikit madu ke dalam yoghurt agar rasanya lebih enak tentu saja yoghurt tetap sehat.

Sushi Roll
Sushi Roll menjadi primadona beberapa waktu terakhir ini. Karena rasanya yang cukup bisa diterima di lidah dibandingkan dengan tradisional sushi. Sushi roll juga banyak sekali macamnya, bahkan sushi juga ada yang matang. Beberapa jenis sushi menggunakan saus khusus ataupun saus mayones. Saus ini yang menjadikan sushi tidaklagi dikatakan sehat seutuhnya. Sebaiknya pilihlah jenis sushi yang sedikit menggunakan cream tambahan.

Agar makanan yang Anda beli tidak membawa efek yang buruk dikemudian hari, sebaiknya lebih teliti dalam memilih makanan dan juga perhatikanbaik-baik bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalam makanan tersebut (jika makanan kemasan). Perhatikan juga saran penyajiannya agar tidak melebihi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

( eka / Odi )

detikfood.com

.::Artikel Menarik Lainnya::.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar